Wow,Virus komputer menyerang manusia

Wow,Virus komputer menyerang manusia

Wow,Virus komputer menyerang manusia

 

Wow,Virus komputer menyerang manusia

 

Percayakah anda bahwa virus komputer juga bisa menyerang manusia?

Ketika pertama kali mendengar,hal tersebut mungkin mustahil karena keduanya beda sekali secara fisik. Virus komputer hanyalah kode-kode digital buatan manusia,sementara virus penyakit bersifat organik.
Namun ,serangan virus komputer ke tubuh manusia mungkin saja terjadi saat perangkat berbasis komputer menyatu dengan tubuh manusi.Misalnya,virus menyerang lengan robotik,jantung buatan,atau organ implan yang sengaja ditanam ke dalam tubuh untuk berbagai keperluan di masa depan.

 

Untuk mengantisipasi serangan semacam itu

Dr Mark Gasson,seorang pakar cybernetika di University of Reading,Inggris,Pun melakukan uji coba.Ia membuat virus komputer dan mengifeksinya ke dalam cip radio frequency of identification (RFID) yang di tanam di bawah permukaan kulit lengannya,Percobaan ini dirancang untuk mendomnstrasikan model penyebaran virus terhadap peralatan implan yang dipakai manusia.

 

Peralatan Berbasi RFID

Peralatan berbasi RFID yang ditanam ke tubuh Sasson adalah semacam komputer mini yang memancarkan sinyal.Melalui perangkatitu,Gasson bisa mengakses sistem keamanan untuk masuk ke ruangan-ruangan laboratorium atau mengaktifkan ponselnya.Fungsinya tak beda dengan kartu akses pada umumnya.
Saat Gasson measuk ke laboratorium,komputer yang mengatur akses ke ruangan tersebut akan membaca perangkat implannya.Itulahpintu masuk buat virus yang telah ditanamkan untuk menginfeksikan komputer laboratorium.Saat koleganya juga masuk ke laboratorium,Virus tersebut pun menular ke perankat RFID orang tersbut.

Percobaan Memperlihatkan Virus Komputer

Percobaan ini memperlihatkan bagaimana virus komputer dapat menular secara nirkabel antarmanusia saat ada sarana komuniukasi diantara keduanya.Suatu ketika,orang yang jahat bisa saja membuat virus untuk menumbus sistem keamanan daerah terlarang seperti sever database universitas atau perusahaan melalui polas tersebut.
Dalam percobaan ini,pengguna implan RFID mungkin tak akan terganggu kesehatanya saat virus komputer mengifeksi perangkat di tubunya itu.Namun,bagaiman kalau virus tersebut menyerang implan di alat vital,misalnya alat bantuk pendengaran atau jantung buatan?

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya: