Waktu dan Tempat

Waktu dan Tempat

            Praktek lapang mata kuliah Ilmu Usaha Tani dilaksanakan pada hari jumat sampai minggu  yaitu pada tanggal 26 april – 28 april 2013 di Desa arrasie,kecamatan tiroang, Kabupaten pinrang.

2.2         Teknik Penentuan Responden

            Penentuan responden dalam praktek lapang mata kuliah Ilmu Usaha Tani dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling atau penunjukkan langsung di lapangan yaitu pengambilan 1 (satu) orang untuk dijadikan responden secara acak dari penduduk sekitar lokasi praktek lapang, dimana keduanya mempunyai pekerjaan sebagai petani.

2.3         Teknik Pengambilan Data

Metode atau teknik yang digunakan untuk pengambilan data dan keterangan dalam praktek lapang Usaha Pertanian dan Koperasi adalah :

  1.  Wawancara, yaitu pengambilan data dengan bertatap muka langsung dengan petani responden kemudian mengajukan beberapa pertanyaan yang terkait dengan kegiatan usahatani.
  2. Observasi, yaitu teknik pengambilan data dengan cara mengamati dan meneliti secara langsung kegiatan usahatani responden.
  3. Kuisioner merupakan suatu alat dalam pengambilan data berisi data-data/pertanyaan-pertanyaan mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan usahatani.

sumber :

 

https://www.sudoway.id/seva-mobil-bekas/