Undang-undang RI no. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen

Undang-undang RI no. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen

Banyak hal dalam Undang-Undang Guru dan Dosen yang belum banyak disosialisasikan kepada masyarakat.  Contohnya klasifikasi misalnya adalah dalam wujud ijazah, sementara itu sertifikasi adalah sebagai bukti tenaga professional. Pada makalah ini akan diuraikan beberapa pasal.

Pasal 8 berbunyi : Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sementara itu pasal 10 menyatakan kompetensi guru mencakup pedagogic, kepribadian, sosial dan professional. Yang menarik disini adalah pernyataan yang menekankan kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Disini guru diminta tidak hanya sekedar mengajaradah peserta didik paham dan terampil tentang materi pelajaran yang diajarkan, melainkan materi-materi pelajaran itu hanya sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Itulah sebabnya guru harus mengembangkan afeksi, kognisi dan ketrampilan peserta didik secara berimbang dan menilainya yang ketiganya dimasukkan ke dalam rapor.

Sertifikasi diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh pemerintah (pasal 11). Ini berarti sertifikasi tidak boleh dikeluarkan oleh badan-badan atau lembaga-lembag lain selain seperti tersebut di atas. Ketentuan ini bermaksud menjaga mutu kualifikasi guru.

Bagi guru yang berkualits memenuhi persyaratan tersebut di atas diberi imbalan seperti yang tertuang dalam pasal 15 yaitu gaji pokok, beserta tunjangan yang melekat pada gaji, tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus bagi yang bertugas di daerah khusus, dan maslahat tambahan. Yang dimaksud dengan maslahat tambahan tertuang dalam pasal 19, berupa kesejahteraan seperti tunjangan pendidikan, asuransi pendidikan beasiswa, layanan kesehatan, dan penghargaan-penghargan tertentu. Guru juga diberi cuti seperti pegawai bisa dan tugas belajar (Pasal 40).

Pada pasal 24 menentukan tentang pengangkatan guru. Guru pendidikan menengah dan pendidikan khusus diangkat, ditempatkan, dipindahkan dan diberhentikan oleh pemerintah propinsi. Sedangkan untuk guru pendidikan dasar dan usia dini dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota.

Pada pasal 42 menguraikan tentang organisasi profesi guru yang memiliki wewenang sebagai berikut :

  1. Menetapan dan menegakkan kode etik guru
  2. Memberikan bantuan hukum kepada guru
  3. Memberikan perlindungan profesi guru
  4. Melakukan pembinaan dan pengembangan profesi guru
  5. Memajukan pendidikan nasional

Secara umum, persyaratan untuk dosen tidak banyak berbeda dengan persyaratan guru, seperti kualifikasi, kompetensi dan sertifikasi juga dipersyaratkan bagi dosen. Pasal 46 menyatakan dosen minimal lulusan magister untuk mengajar di program diploma dan sarjana, dan lulusan program doktor untuk mengajar di pascasarjana.

Pasal 48 menyebutkan untuk menduduki jabatan guru besar harus memiliki ijazah doktor. Dengan demikian dosen nondoktor tidak diizinkan mengusul menjadi guru besar. Maksud aturan ini adalah agar semua guru besar memiliki kualifikasi yang bagus. Selanjutnya pasal 49 menyebutkan guru besar yang memiliki karya ilmiah atau karya monumental sangat istimewa dalam bidangnya dan diakui secara internasional dapat diangkat menjadi professor paripurna.

Sama dengan guru, para dosen ini juga dapat imbalan bagi yang memenuhi semua persyaratan. Imbalan yang dimaksud adalah gaji pokok besert tunjangan yang melekat pada gaji, tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus, tunjangan kehormatan dan maslahat tambahan. Yang dimaksud dengan tunjangan kehormatan adalah tunjangan yang hanya diberikan kepada dosen yang menjabat guru besar setelah berdinas dua tahun. Di samping imbalan tersebut di atas, para dosen juga diberi hak cuti seperti pegawai pada umumnya dan cuti untuk studi atau melakukan penelitian dengan tetap menjadap gaji penuh.

sumber :

https://apartemenjogja.id/diamo-xl-10-apk/