TUGAS UTAMA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

TUGAS UTAMA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

TUGAS UTAMA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

TUGAS UTAMA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Adapun beberapa tugas utama dari Sistem Informasi Geografis adalah sebagai berikut:

1. INPUT DATA

Sebelum data digunakan dalam Sistem Informasi Geografis maka data harus dilakukan konversi terlebih dahulu ke dalam bentuk digital. Proses konversi dari data peta kertas atau foto ke dalam bentuk digital yang disebut dengan digitizing.

Sistem Informasi Geografis yang telah modern dapat melakukan proses ini secara otomatis dengan menggunakan teknologi scanning.

2. PEMBUATAN PETA

Proses pembuatan peta dala Sistem Informasi Geografis lebih fleksibel dibandingkan dengan cara manual atau dengan proses pendekatan kartografi otomatis. Prosesnya diawali dengan pembuatan database. Peta kertas dapat didigitalkan dan informasi tersebut juga dapat diterjemahkan dalam SIG.

Peta yang dihasilkan dapat dibuat dengan berbagai skala dan dapat memberikan informasi yang dipilih sesuai dengan karakteristik tertentu.

3. MANIPULASI DATA

data dalam Sistem Informasi Geografis akan membutuhkan transformasi atau manipulasi yang digunakan untuk membuat membuat data- data tersebut kompatibel dengan sistem.

Dalam teknologi Sistem Informasi Geografis menyediakan berbagai macam alat bantu yang digunakan untuk memanipulasi data yang ada dan untuk menghilangkan data- data yang tidak dibutuhkan.

4. MANAJEMEN FILE

apabila voleme data yang ada semakin besar dan jumlah data user semakin banyak, maka cara yang terbaik untuk dilakukan yaitu dengan menggunakan database manajemen system (DBMS), untuk membantu menyimpan, mengatur dan juga untuk mengelola data.

5. ANALISIS QUERY

Sistem Informasi Geografis menyediakan kapabilitas untuk menampilkan query dan alat bantu yang digunakan untuk menganalisis informasi yang ada. Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk menganalisis data geografis untuk melihat jenis pola dan tren.

6. MEMVISUALISASIKAN HASIL

Untuk berbagai macam tipe operasi geografis dan hasil akhirnya divisualisasikan ke dalam bentuk peta atau graf. Dengan menggunakan peta tersebut, maka akan menjadi sangat efisien untuk menyimpan dan mengkomunikasikan informasi geografis.


Sumber: https://shellymartinez.org/busybox-pro-apk/