TUGAS SUPERVISOR ADMINISTRASI UNIT

TUGAS SUPERVISOR ADMINISTRASI UNIT

TUGAS SUPERVISOR ADMINISTRASI UNIT

TUGAS SUPERVISOR ADMINISTRASI UNIT

Selain dalam perusahaan yang bergerak di bidang produksi, ternyata jabatan supervisor juga ada dalam dunia bisnis perbankan. Jabatan ini secara resmi disebut dengan istilah supervisor administrasi unit. Dalam satu unit kantor bank, biasanya akan diisi oleh satu atau beberapa orang supervisor dengan tugas utamanya sebagai berikut:

  1. Menjamin keamanan uang kas di sebuah kantor bank agar tidak terjadi kerugian.
  2. Melayani kebutuhan kas yaitu kondisi kelebihan atau kekurangan uang kas di bagian kantor unit bank demi menjamin kelancaran operasional unit tersebut.
  3. Menjamin kebenaran, keakuratan, dan ketepatan waktu pengiriman laporan keuangan unit bank.
  4. Menjamin ketersediaan logistik yang diperlukan oleh kantor unit bank, agar operasional bank bisa tetap berjalan sebagaimana mestinya.
  5. Menjaga dan menganalisis kelengkapan berkas pinjaman yang diajukan oleh debitur agar proses kredit bisa berjalan dengan cepat dan tepat.

TUGAS SUPERVISOR PROYEK

Dalam bisnis di bidang properti atau konstruksi, juga terdapat jabatan khusus yaitu supervisor proyek atau supervisor lapangan. Seperti namanya, tugas utama supervisor proyek memang berkaitan erat dengan jalannya proyek di lapangan. Supervisor proyek juga bertugas menjadi jembatan antara pekerja perencanaan di kantor dan pekerja lapangan.

Tugas utama seorang supervisor proyek atau lapangan antara lain adalah:

  1. Memahami desain konstruksi yang telah disusun oleh tim desain perusahaan beserta dengan implementasi teknisnya.
  2. Menyusun kembali metode pelaksanaan konstruksi sesuai dengan kondisi riil di lapangan. Tugas ini biasanya dijalankan bersama dengan site engineering perusahaan konstruksi tersebut.
  3. Memimpin pelaksanaan proyek di lapangan sesuai dengan estimasi biaya, standar mutu, serta waktu pengerjaan seperti yang telah disusun oleh tim perencana di perusahaan.
  4. Membuat program kerja yang efisien biasanya dalam jangka waktu mingguan, agar supervisor bisa lebih mudah mengarahkan anak buahnya setiap hari.
  5. Bertanggung jawab membuat laporan kepada atasan mengenai progres proyek di lapangan serta evaluasinya.

Untuk bisa mengemban tugas-tugas tersebut, seorang supervisor proyek konstruksi setidaknya harus memiliki keterampilan seperti berikut ini:

  1. Kemampuan dalam bidang teknik, biasanya adalah ilmu bidang teknik sipil. Tanpa ilmu ini, maka seorang supervisor tidak akan bisa memahami desain konstruksi dan juga bagaimana cara mengimplementasikannya secara nyata di lapangan.
  2. Seorang supervisor proyek juga harus punya kemampuan komunikasi yang bagus. Karena supervisor proyek dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan atasan yaitu manajer proyek dan juga bawahannya, baik site engineer hingga pekerja bangunan.
  3. Seorang supervisor proyek juga harus memiliki skill dalam hal konseptual. Supervisor proyek harus paham akan tujuan global perusahaan dan memahami semua bagian pekerjaan.

Sumber: https://www.inntrance.net/patchwork-apk/