Topologi jaringan komputer Type Mesh

Topologi jaringan komputer Type Mesh

Topologi jaringan komputer type Mesh merupakan suatu hubungan satu sama lain diantara beberapa node. Umumnya, suatu topologi mesh dimaksudkan untuk keperluan redundancy. Setiap jaringan kampus harus menerapkan suatu topologi mesh untuk mencapai tingkat redundanc y dan fault tolerance yang merupakan tuntutan bisnis dari jaringan data mereka.Ada dua jenis mesh yaitu full mesh dan partial mesh topologi.

Full mesh setiap node saling berhubungan satu sama lain dengan dedikasi line tersendiri sementara partial seperti namanya hanya sebagian saja mempunyai jalur menurut kebutuhan. Mesh topologi bekerja pada konsep rute. Pada Topologi Mesh, pesan yang dikirim ke tujuan melalui ruter terpendek, yang termudah untuk mencapai tujuannya. Topologi jaringan yang dibahas sebelumnya topologi star dan bus, pesan biasanya dikirim ke setiap komputer, terutama dalam topologi bus.

Demikian pula pada Topologi Ring pesan dapat melakukan perjalanan dengan hanya satu arah yaitu searah jarum jam atau anticlockwise. Internet menggunakan Topologi Mesh, pesan menemukan rute untuk tujuan. Router bekerja di menemukan rute untuk mengirim pesan mengantarkan ke tempat tujuan.

5.Topologi jaringan komputer Type hybrid

Topologi jaringan komputer type hybrid adalah Topologi jaringan komputer yang kompleks, dibangun di atas dari dua atau lebih topologi jaringan. Jaringan hibrid bisa saja gabungan topologi jarinagan star-bus, star-ring network, dan jaringan mesh dengan hubungan antara berbagai komputer pada jaringan. Jaringan mesh idealnya memungkinkan setiap komputer memiliki koneksi langsung ke masing-masing komputer lain

6.Topologi jaringan komputer Type tree

Topologi jaringan komputer Type Tree terdiri dari topologi multi star di bus. Topologi tree mengintegrasikan topologi multi star bersama-sama ke bus. Hanya hub perangkat dapat terhubung langsung dengan bus tree dan masing-masing fungsi Hub sebagai perangkat jaringan akar tree.

Topologi jaringan komputer ini disebut juga sebagai topologi jaringan komputer bertingkat. Topologi jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan komputer Type Tree ini paling ideal digunakan pada sistem jaringan komputer.

Pada jaringan Tree, terdapat beberapa tingkatan simpul atau node. Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengontrol simpul dibawah tingktannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-4 kekomputer node-8 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-4, 6 dan node-7 sebelum berakhir pada node 8. Kombinasi bus/star/hybrid ini mendukung masa depan upgrade dari jaringan komputer, jauh lebih baik daripada bus atau star.

sumber :

https://www.ayoksinau.com/seva-mobil-bekas/