Teori Pertukaran Sosial Menurut Beberapa Ahli

Teori Pertukaran Sosial Menurut Beberapa Ahli


2.1.1 Teori Kelley dan Thibaut

Harold H. Kelly lahir pada tahun 1921. Kelley merupakan seorang ahli psikologi sosial dengan memfokuskan pada proses hubungan dan persepsi interpersonal dalam kelompok kecil. Bersama John Thibaut, Kelley memperkenalkan Teori Pertukaran Sosial. Penelitian Kelley dan Thibaut ini terutama mengenai faktor faktor yang mempengaruhi hubungan timbal baik, banyak merangsang penelitian-penelitian.
Karya Kelly dan Thibaut yang lain adalah Interpersonal relationships (1978), The Social Psychology of Groups (1959). Sedangkan karya Kelley sendiri diantaranya Personal Relationships: Their Structures and Processes (1979).
Dalam awal tulisannya ini Thibaut dan Kelley memberikan suatu gambaran perampokan yang terjadi Rumah Pertanian di Kansas yang dilakukan oleh Perry Smith dan Dick Hickock. Jumlah harta yang dirampok hanya $50 tetapi korban yang dibunuh untuk menghilangkan bukti dan saksi mata berjumlah empat orang.
Setelah perampoknya dapat ditangkap, ternyata mereka hanya dapat dipastikan untuk tidak dibebaskan bersyarat, tetapi bukti-bukti mengenai pembunuhan tidak didapatkan. Yang diperlukan untuk menghukum mereka adalah pengakuan dari mereka sendiri.
Telah terjadi kesepakatan pada kedua perampok itu untuk tetap bersatu untuk saling memperkuat alibi jika mereka tertangkap.. Tetapi ternyata muncul dilema yang dihadapi Smith dan Hickock, masing-masing meragukan kemampuan atau kehendak yang lain untuk bertahan. Smith menilai Hickock sebagai seorang pendusta. Begitu juga Hickock yang merasa takut mendapatkan hukuman gantung karena dia berpikir Smith akan menghianatinya.
Dilema inilah yang dikembangkan lebih jauh dalam teori Thibaut dan Kelley, mereka melihat bahwa setiap tahanan memiliki dilema yang sama: Mengaku bersalah atau tetap mempertahankan keadaan tak bersalah. Thibaut dan Kelly melihat hubungan Smith dan Dick sangat dipengaruhi oleh keuntungan yang bisa didapatkan.

sumber :