Teknik pengendalian yang Sangat Penting

Teknik pengendalian yang Sangat Penting

Teknik pengendalian yang Sangat Penting

Teknik pengendalian yang Sangat Penting
Teknik pengendalian yang Sangat Penting
Sistem Akuntansi : Akuntansi merupakan sistem komperehensif untuk mengumpulkan, menganalisa dan mengkomunikasikan data tentang sumber keuangan perusahaan. Perusahaan Internasional harus mengembangkan sistem akuntansi untuk pengendalian dan memonitor kinerja keseluruhan perusahaan dan setiap divisi, unit operasi atau anak perusahaan. Induk perusahaan, lebih lanjut harus memutuskan apakah akan mengevaluasi anak perusahaan dengan manajernya dengan memakai mata uang local, mata uang Negara asal induk perusahaan, atau gabungan keduanya
Prosedur.  Kebijakan, prosedur standar operasi, aturan dan peraturan, semuanya membantu manajer dalam melaksanakan fungsi pengendalian.
Rasio Kinerja. Rasio kinerja adalah indeks numeric kinerja yang ingin dikendalikan oleh perusahaan. Rasio kinerja biasa yang dipakai oleh perusahaan adalah perputaran persediaan.
Aspek Prilaku dalam Pengendalian Internasional.
Tanpa memperhatikan seberapa bagus perumusan dan implementasi system pengendalian manajer harus memahami bahwa prilaku manusia memegang peranan yang fundamental dalam menentukan seberapa bagus pengendalian dapat dilaksanakan. Intinya adalah menyadari bahwa beberapa orang cenderung menolak pengendalian. Yang juga penting adalah mengenali bahwa resistensi tersebut dapat diminimalkan.
 
Resistensi. Orang –orang dalam perusahaan internasional menolak pengendalian karena berbagai alasan. Suatu alasan yang paling penting mencangkup pengendalian yang terlalu berlebihan, dimana perusahaan mencoba mendesakkan pengendalian terhadap individu-individu yang mereka piker pengendalian itu tidak berlebihan. Menurut definisi , pengendalian mengatur dan memaksakan prilaku kebanyakan orang menerima pengendalian dalam batas yang menurut mereka wajar. Orang juga sering menolak pengendalian karena ketidaktepatan fokusnya : yakni perusahaan secara tidak hati- hati mencoba mengendalikan hal yang salah.  Terakhir, orang juga sering menolak pengendalian karena pengendalian meningkatkan akuntabilitas mereka. Ketika system pengendalian secara efektif tidak ada, karyawan mungkin dapat menggunakan kinerja dibawah standar karena manajer tidak memahami apa yang sedang dikerjakan karyawannya.
Mengatasi Retensi Terhadap Pengendalian. Walaupun tidak ada metode yang bisa mengahpuskan resistensi terhadap pengendalian , namun ada beberapa cara meminimalkannya. Metode yang cocok dan juga efektif berbeda-beda menurut budaya. Dalam banyak budaya, salah satu cara yang efektif untuk mengatasi resistensi terhadap pengendalian adalah Meningkatkan Partisipasi. Cara lain yang baik adalah Menciptakan system pengendalian yang memiliki focus yang jelas dan tepat dan yang menciptakan akuntabilitas masuk akal tanpa pengendalian yang berlebihan. Disamping itu juga dapat menyediakan mekanisme diagnose untuk menangani deviasi yang tidak diharapkan. Aspek perilaku pengendalaian dapat didekati dan dikelola dari perspektif budaya.