TEKNIK PENGADAAN BARANG DAN JASA SEKTOR PUBLIK

TEKNIK PENGADAAN BARANG DAN JASA SEKTOR PUBLIK

TEKNIK PENGADAAN BARANG DAN JASA SEKTOR PUBLIK

TEKNIK PENGADAAN BARANG DAN JASA SEKTOR PUBLIK

  1.             Proses Pengadaan Barang dan Jasa
  2. Bentuk dan Tahapan Pengadaan Barang dan Jasa

Bentuk pelaksanaan barang dan jasa di berbagai organisasi sektor publik tergantung sifat banrang dan jasa,ukuran dan kerumitan kontrak, tingkatan administratif, serta struktur pasar. Tata cara pengadaan secara global dan jenis dokumen dapat di ketahui secara umum.prosedur pengadaan barang dan jasa secara khusus dapat di kembangkan serta di aplikasikan kepada kasus tertentu,seperti : Penawaran yang kompetitif (internasional atau nasional), Pembelanjaan (internasional atau nasional), Kontrak langsung (tekadang di sebut dengan sumber kontrak tunggal atau pemilihan langsung).

  1. Persaingan Penawaran

Penawaran yang kompetitif adalah penentuan ambang nilai dalam pengadaan barang dan jasa,di mana yang di pilih harus berada di atas ambang tersebut. Disamping pemasok swasta, penawar potensial juga termasuk unit kerja di bawah organisasi nonpemerintah dan organisasi nirlaba.

  1. Proses prapenawaran (Prebid Process)

Kebutuhan prapenawaran meliputi standar penawaran dan dokumen tender,aturan pengklasifikasian dan pendaftaran konraktor serta pemasok,aturan prekualifikasi,panitia evaluasi penawaran (jika di perlukan),dan proses pengambilan keputusan menyangkut perolehan penawaran. Dokumen harus berisi  spesifikasi yang jelas,petunjuk kepada penawar,dan syarat – syarat kontrak.

  1. Pengumuman dan Undangan Publik untuk Menawar

Pengumuman kesempatan penawaran merupakan hal yang sangat mendasar dalam penawaran yang kompetitif.Pengumuman itu harus dipublikasikan di surat kabar lokal dan nasional,lembaran kantor,atau buletin elektonik untuk menyesuaikan sifat serta ukuran proyek.

Prakualifikasi penawar biasanya dibututuhkan untuk pekerjaan yang besar dan komleks atau atas pekerjaan dengan biaya tinggi yang nantinya dapat mengurangi persaingan,seperti desain pesanan peralatan,bangunan industri,pelayanan khusus,kontrak inti,atau kontrak pengelolaan.

Dokumen penawaran biasanya terdiri atas :

  • Undangan penawaran
  • Intruksi kepada penawar,termasuk kriteria untuk evaluasi penawaran
  • Formulir penawaran
  • Formulir /kontrak kerja
  • Kondisi umum dan khusus dari kontrak
  • Spesifikasi (dan di gambarkan jika relevan)
  • Daftar barang dan kuantitasnya
  • Pemberian waktu atau skudel pemenuhan
  • Kebutuhan lampiran untuk beberapa item,seperti jenis deposit atau jaminan ke amanan
  1. Pembukuan dan Evaluasi Penawaran

Kunci terciptanya transparansi dan keadilan adalah membuka penawaran pada waktu dan tempat yang telah di tentukan,yang di hadapi oleh seluruh penawar atau perwakilannya.Beberapa pembukaan penawaran publik akan mengurangi risiko bahwa penawaran akan bocor kepada pesaing ,hilang atau dimanipulasi.

  1. Perolehan Kontrak

Organisasi memberikan kontrak dalam periode penawaran yang sah kepada penawar yang telah di tentukan.penentuan ini di lakukan dengan mengevaluasi dokumen penawaran yang telah di tentukan.Penentuan ini di lakukan dengan mengevaluasi dokumen penawaran yang memiliki  biaya memadai.

  1. Ganti Rugi Terhadap Kelalaian

Kesempatan yang tersedia bagi penawar untuk menajukan keluhan dan pengaduan menyangkut keadilan serta kepastian proses dan klasifikasi kelengkapan.Kebanyakan organisasi sektor publik menyediakan prosedur pada bagian pengadaan barang dan jasa itu sendiri untuk menginvestasikan keluhan kontraktor beserta ganti rugi atau pembagiannya.

baca juga :