Tasawuf Amali

Table of Contents

Tasawuf Amali

Hasrat untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah tujuan pokok dari sufi dan keinginan yang manusiawi. Diantara manusia ada yang merasa mampu dan tahu bagaimana caranya untuk mendekatkan diri Tuhan tanpa bantuan dari orang lain, karena ia mempunyai pengetahuan untuk itu. Akan tetapi sebagian besar tidak mampu melakukannya, tidak tahu jalan yang akan ditempuh untuk mendekatkan diri kepada Allah tanpa bantuan orang lain.

Jadi tasawuf ini menekankan pada intensitas dan kualitas amal yang dimotifasi rasa ridho dancinta kepada Allah. Apabila dilihat dari tingkatan dari komunitas itu, terdapat beberapaistilah sebagai berikut:

  1. Murid ialah orang yang mencapai pengetahuan dan bimbingan dalam melaksanakan amal ibadahnya.
  2. Syekh yaitu seorang pemimpin kelompok kerohanian
  3. Wali atau Quthub yaitu orang yang telah sampai kepuncak kesucian batin, memperoleh ilmu laduni yang tinggi sehingga tersingkap tabir rahasia yang gaib-gaib.[13]

Apabila dilihat dari srgi amalan serta jenos-jenis ilmu yangdipelajari, maka terdapat istilah yang khas dalam dunia tasawuf yaitu: ilmu lahir dan batin, kedua aspek yang terkandung dalam ilmu itu mereka bagi menjadi empat kelompok yaitu:

a). Syariat

mereka mengartikan sebagai amalan lahir yang diwajibkan dalam agama, yang bersumber dari Al-Qur’an dan Rasul

b). Thariqat

perjalanan menuju Allah itulah yang mereka sebut dengan tareqat, yaitu tareqar tasawuf.

c). Hakikat

secara lugawi hakikat berarti inti sesuatu, puncak atau sumber asal dari sesuatu

d). Ma’rifah

dari segi bahasa, ma’rifah berarti pengetahuan atau pengalaman, sedang dalam istilah sufi, ma’rifah diartikan sebagai pengetahuan mengenai tuhan melalui hati sanubari

sumber :

https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/