Sistem Peralatan Hidup

 Sistem Peralatan Hidup

 Sistem Peralatan Hidup

 Sistem Peralatan Hidup
1) Beliung Persegi
Berbebtu seperti cankul 4-25cm. Alat ini dibuat dari batuan kalsedon, agat, chert, dan jaspis. Tipe umumnya terdiri dari beliung bahu, beliung tangga, beliung gigir, beliung atap beiung biola dan beliung penarah. Alat semacam ini juga ditemukan di wilayah alaysia, Thailand, Kampuchea, Vietnam, Cina, dan Taiwan.
2) Kapak Lonjong
Dibuat dari batu kali jenis nefrit yang telah diasah lebih halus dari kapak persegi. Daerah peneuan terbatas di wilayah bagian timur Indonesia.

3) Mata Panah

Mata panah jga dtemukan pada masa bermukim dan bercocok tanam. Daerah penemuan di Pacitan Jawa Timur dan Toala Sulawesi Selatan. Mata panah bergerigi dan bilah begerigi dari kebudayaan Toala ditemukan di Toala.
4) Gerabah dan Perhiasan
Gerabah sudah dibuat ada masa bercocok tanam namun pembuatannya masih kasar dan sederhana. Gerabah pertama kali gitunakan untuk menyimpan bahan makanan dan minuman, kemudian berkembang sebagai alat memasak. Barang hiasan juga mulai dibuat, seperti gelng dari batuan kalsedon, manik-manik dari tanah liat, kalung dari kuli kerang, dan lukisan berwarna-warni. Aneka lukisan dapat dijumpai ada masyarakat pedalaman, Toraja dan Papua.
sumer :