Simak Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar untuk Pemula

Simak Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar untuk Pemula

Simak Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar untuk Pemula

Simak Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar untuk Pemula
Simak Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar untuk Pemula

Ada banyak alasan seseorang tertarik untuk memelihara kura-kura air tawar. Di antaranya kura-kura merupakan hewan yang unik karena episode tubuhnya mampu disembunyikan ke dalam cangkang serta kura-kura terlihat menyerupai binatang purba. Penampilannya yang menggemaskan juga disinyalir sebagai pendorong maraknya penghobi kura-kura di Indonesia. Beberapa jenis kura-kura air tawar yang seringkali dijadikan hewan peliharaan antara lain kura-kura kotak-kotak, kura-kura mata-mata, kura-kura kepala babi, kura-kura aligator, dan kura-kura galapagos.

Ada banyak alasan seseorang tertarik untuk memelihara kura Simak Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar untuk Pemula

Pembuatan Kandang dan Perlengkapannya

Kandang yang ideal bagi kura-kura yaitu sangkar yang dibentuk sedemikian rupa untuk memastikan keamanannya dan harus dilengkapi dengan kolam. Pastikan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat sangkar bersifat aman dan tidak beracun. Seluruh permukaan sangkar juga perlu dihaluskan biar tidak melukai badan kura-kura.

Ukuran sangkar perlu diubahsuaikan dengan jumlah, jenis, dan postur kura-kura yang ingin dipelihara. Wilayah di dalam sangkar dibagi menjadi dua episode yaitu 1/3 daratan dan 2/3 perairan. Area daratan perlu dilengkapi dengan pasir, bebatuan, dan tanaman. Sedangkan lingkungan kolamnya diisi dengan air bersih lalu diisi dengan kayu sebagai mainan kura-kura.

Anakan kura-kura yang berumur kurang dari seminggu tidak boleh eksklusif dimasukkan ke dalam kandang. Anakan tersebut perlu dirawat terlebih dahulu di akuarium hingga kondisinya stabil.

Air yang digunakan di bak maupun akuarium wajib dipastikan kebersihannya. Volume air yang dipakai minimal setinggi ukuran panjang kura-kura yang dipelihara. Sebelum dituangkan ke media pemeliharaan, air perlu didiamkan selama 24 jam biar kotoran-kotorannya mengendap.

Sinar ultraviolet yang terkandung di dalam cahaya matahari sangat diharapkan oleh kura-kura untuk mendukung pertumbuhannya. Oleh karena itu, apabila sangkar terletak di dalam ruangan, usahakan Anda melengkapinya dengan lampu UV artifisial. Dalam sehari, lampu ini perlu dinyalakan selama 10-12 jam ketika cuaca cerah dan 12-14 jam ketika sedang mendung.

Pemberian Pakan yang Baik

ikan hias – Keunikan kura-kura juga terlihat pada teladan makannya. Saat muda, kura-kura senang memakan daging dan tumbuhan. Namun ketika sudah sampaumur dengan umur lebih dari 2 tahun, ia hanya menyenangi daging saja. Jadi, pakan utama yang mampu diberikan kepada kura-kura meliputi ikan, daging, dan cacing. Sebagai makanan tambahannya, Anda mampu menggunakan pelet yang memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin D yang tinggi.

Pakan yang hendak diberikan ke kura-kura ditaruh di area daratan. Jangan pernah meletakkan pakan di air bak karena sisanya mampu mengotori air tersebut. Namun sesekali Anda mampu memasukkan ikan-ikan kecil yang masih hidup di air bak supaya diburu eksklusif oleh si kura-kura.

Porsi makanan yang diberikan perlu diubahsuaikan dengan postur dan usia kura-kura. Kura-kura yang berusia kurang dari 2 tahun cukup diberikan pakan sekali sehari. Sedangkan kura-kura sampaumur mampu Anda berikan makanan dengan frekuensi 2-3 kali per minggu.

Tidak ada salahnya Anda menawarkan pakan untuk kura-kura berupa makanan kucing atau anjing. Pasalnya, pakan tersebut sudah diracik oleh pabrik pembuatnya sehingga mengandung nilai gizi yang lengkap dan seimbang. Keunggulan dari pakan ini yaitu tidak berbau, lebih bersih, awet, dan urin yang dihasilkan kura-kura tidak berbau menyengat.

Pemeliharaan Kura-kura Air Tawar

Perlu diperhatikan, air yang mengagumkan sebagai habitat kura-kura memiliki tingkat keasaman sekitar 6-6,5. Air bak perlu diganti sebulan sekali dan lingkungan bak wajib dibersihkan setiap 3 bulan sekali. Agar air tersebut bebas dari kandungan mikroorganisme berbahaya, disarankan untuk menambahkan cuka dan garam non-yodium dengan takaran yang cukup ke dalamnya.

Kondisi di lingkungan sangkar juga perlu dibuat menyerupai mirip habitat alami kura-kura. Suhu yang mengagumkan untuk mendukung kehidupan si kura-kura berkisar antara 22-27 derajat celcius. Jika suhu lebih rendah dari angka itu, kura-kura yang Anda pelihara akan kehilangan nafsu makan dan malas bergerak. Itu sebabnya, Anda mampu menambahkan lampu listrik atau alat pemanas untuk meningkatkan suhu.