Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen

  Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen

  Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen

  Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen

Selanjutnya kita akan menentukan bagaimana sikap konsumen, perilaku konsumen, kepuasan konsumen dalam pasar ini.

  1. a)Sikap Konsumen

Sikap konsumen merupakan sebuah sikap yang sebuah sikap yang ditunjukan oleh konsumen terhadap produk maupun sebuah strategi pemasaran. Sikap konsumen didasarkan pada hal-hal dibawah ini.

  1. Karakteristik Sikap
  2. Sumber Sikap
  3. Fungsi Sikap
  4. Komponen Sikap
  5. b)Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen merupakan suatu proses yang dinamis ditunjukkan dalam bentuk perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen baik perorangan maupun kelompok dalam mencari, mengevaluasi, membeli, menggunakan dan membuang suatu produk, jasa dan ide yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.

Adapaun beberapa karakteristik yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah:

  1. Faktor Budaya
  2. Faktor Sub Budaya
  3. Faktor Sosial
  4. Faktor Kepribadian
  5. Faktor Psikologi
  1. c)Kepuasan Konsumen

             Kepuasan konsumen merupakan sebuah ukuran dari apa yang dirasakan oleh konsumen setelah menikmati atau menggunakan produk yang kita jual. Jika konsumen mendapatkan lebih dari apa yang diharapkakan maka konsumen tersebut puas, sedangkan jika konsumen sangat mendapatkan lebih dari apa yang diharapkan, maka konsumen tersebut akan merasakan delight, atau sangat puas.

Sebaliknya, jika setelah mengonsumsi ternyata dibawah harapan konsumen, maka konsumen akan merasakan kecewa, jika konsumen kecewa, maka pembelian kembali tidak terjadi pada produk kita.

  1. Bauran Pemasaran

Setelah mengetahui Segmentasi, target dan posisi pasar, maka selanjutnya adalah penentuan strategi pemasaran. Dalam hal ini kita perlu menentukan:

  1. Harga

Atas dasar struktur harga dipasar saat ini, dan kualitas yang ada, maka selanjutnya kita akan menentukan strategi harga untuk produk kita. Harga akan krusial untuk tahapan awal, khususnya untuk produk yang segmennya sensitif terhadap harga.

Ada beberapa hal yang akan memperngaruhin posisi harga yakni

1)      Tujuan dalam menentukan posisi pasar

2)      Tujuan memaksimalkan laba

3)      Tujuan merangsang permintaan barang

4)      Tujuan mempengaruhi persaingan

 

bacca jgua :