Sejarah dan Profill Perusahaan PT. AXIS Telekom Indonesia

Sejarah dan Profill Perusahaan PT. AXIS Telekom Indonesia

Sejarah dan Profill Perusahaan PT. AXIS Telekom Indonesia

Sejarah dan Profill Perusahaan PT. AXIS Telekom Indonesia
Sejarah dan Profill Perusahaan PT. AXIS Telekom Indonesia

PT. AXIS Telekom Indonesia (sebelumnya bernama PT. Natrindo Telepon Seluler), dikenal sebagai AXIS, adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. AXIS mempunyai produk GSM dengan nama sama, “AXIS”

AXIS meluncurkan layanannya pada April 2008 dan di tahun 2012

tersedia di lebih dari 400 kota di seluruh pulau-pulau besar Indonesia, termasuk Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok. Berkantor pusat di Jakarta, AXIS merupakan operator seluler 2G dan 3G dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, melayani lebih dari 15 juta pelanggan telepon seluler, didukung oleh lebih dari 800 pegawai yang berdedikasi.

PT. Natrindo Telepon Seluler pada awalnya merupakan bagian dari Grup Lippo

Natrindo merupakan perusahaan operator telekomunikasi seluler GSM 1.800 MHz pertama di Indonesia dengan fokus awal untuk beroperasi di wilayah Jawa Timur dengan merek dagang “Lippo Telecom” sejak bulan Mei 2001. Natrindo kemudian berhasil mendapatkan lisensi untuk wilayah nasional dan diakuisisi oleh Maxis Communications Berhad, masing-masing sebesar 51% pada bulan Januari 2005 dan 44% pada bulan April 2007.

Pada bulan Juni 2007, Saudi Telecom Company mengakuisisi 51 persen saham Natrindo yang dimiliki Maxis, sehingga saham Maxis di Natrindo hanya tinggal 44 persen. Saat ini, Natrindo sedang mengembangkan jaringan 2G dan 3G-nya ke beberapa wilayah lain di Indonesia.

Pada tanggal 7 Juni 2011, berdasarkan persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, nama badan hukum perusahaan AXIS diubah dari PT. Natrindo Telepon Seluler menjadi PT. AXIS Telekom Indonesia. AXIS didukung oleh dua operator terkemuka di Asia: Saudi Telecom Company (STC), penyedia layanan telekomunikasi nasional terdepan di Kerajaan Arab Saudi.

Perusahaan ini memiliki beberapa perusahaan yang tersebar di Kuwait, Bahrain, India, Indonesia, Malaysia, Turki, dan Afrika Selatan; serta Maxis Communications Berhad (Maxis), penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Malaysia. Kedua investor utamanya bertekad memberikan kontribusi penuh bagi pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia.

Didirikan pada tahun 1998, Saudi Telecom Company (STC) menyediakan layanan komunikasi lengkap seperti telepon tetap dan bergerak, internet, dan layanan data. Perusahaan ini beroperasi melalui empat anak usahanya (Alhatif, Aljawal, Saudi Data, and Saudinet) dan adalah satu-satunya penyedia layanan telepon tetap, data, dan internet di Arab Saudi.

Maxis Communications adalah perusahaan penyedia telekomunikasi terbesar di Malaysia

yang memiliki investasi di industri telekomunikasi di India dan Indonesia. Maxis menyediakan layanan telepon seluler dan tetap, serta layanan gateway internasional. STC hadir di lebih dari 10 negara, termasuk Turki, Yordania, Libanon,

Afrika Selatan, Saudi Arabia, Bahrain, Kuwait, India, Malaysia dan Indonesia. Komitmen jangka panjang STC untuk mengembangkan industri telekomunikasi di Indonesia ini dibuktikan dengan peningkatan kepemilikannya di AXIS hingga 80%. AXIS adalah satu-satunya operator seluler yang memiliki hubungan dengan STC, operator terbesar di Arab Saudi, yang memberi kenyamanan maksimal konsumennya pada saat menjalankan ibadah Haji maupun Umrah.

Memasuki tahun keempat operasinya AXIS telah menyediakan dana lebih dari USD 1,2 milyar untuk melakukan ekspansi jaringan dan infrastrukturnya, memperluas wilayah layanan mobile broadband, serta mengimplementasikan teknologi HSPA+ selama tiga tahun kedepan.

Saat ini AXIS telah menjangkau lebih dari 80% populasi dan tersedia di lebih dari 400 kota utama di Indonesia. Ekspansi agresif AXIS juga diikuti dengan kinerja perusahaan yang sangat baik dimana pertumbuhan AXIS di tahun 2011 meningkat 120% dibandingkan tahun sebelumnya.

AXIS menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas keyakinan dan kepercayaan yang diberikan. Axis juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan dan pelestarian lingkungan. Bertekad untuk memperkuat sumber daya manusia kami dan menciptakan lebih banyak kesempatan kerja untuk anak bangsa baik langsung maupun tidak langsung.

Rencana konkret dan pendanaan disiapkan untuk membangun lebih dari 6.000 Base Transceiver Station (BTS) dalam tiga tahun kedepan. AXIS akan mempersatukan Indonesia dengan layanan mobile broadband dengan menggunakan teknologi yang paling mutakhir.

Baca juga artikel: