Ruang Lingkup Pers

Ruang Lingkup Pers

Ruang lingkup pers sangat luas. Akan tetapi, Anda cukup mengetahui mengenai pengertian, fungsi, peran dan perkembangan pers di Indonesia, Keempat hal tersebut berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Jika Anda ingin tahu lebih dalam, marilah pelajari uraian berikut ini.

  1. Pengertian Pers

Menurut beberapa sumber secara etimologi atau sejarah kata “pers” berasal dari bahasa Belanda yang berarti menekan atau mengepres. Sejak zaman dahulu kegiatan cetak-mencetak berita belum menggunakan alat mesin-cetak seperti saat Ini. Akan tetapi, menggunakan tangan-tangan manusia. Caranya adalah kertas-kertas dipres dengan huruf timbul satu persatu. Naskah atau berita yang akan disebutkan dalam media massa, baik majalah atau surat kabar, sebelumnya harus dipres terlebih dahulu. Cara kerja yang demikian itu, lebih lekat atau akrab dalam dunia jurnalistik hingga sekarang. Naskah atau berita yang dimuat dalam surat kabar  atau majalah diartikan sebagai pers. Jadi, kata pers  atau press berasal dari cara kerja percetakan pada  zaman dahulu itu.

J.C.T. Simorangkir, SH. dalam bukunya yang  berjudul Hukum dan Kebebasan Pers, menyebutkanbahwa pers memiliki arti luas dan sempit Pers dalam  arti luas, selain dari surat kabar, majalah, dan  tabloid mingguan juga mencakup radio, televisi, dan  film. Berikutnya pers dalam arti sempit, adalah me-dia yang terbatas pada surat-surat kabar harian,  mingguan dan majalah. Selain kedua pengertian tersebut, pers juga memiliki pengertian berdasarkan  beberapa sumber berikut:

  1. Menurut Leksikon Komunikasi, pers berarti; (1)  usaha pencetakan dan penerbitan; (2) usaha  pengumpulan dan penyiaran berita; (3) penyiaran berita melalui surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Sedangkan istilah press berasal dari bahasa Inggris to press artinya menekan, Selanjutnya press atau pers diartikan sebagai surat kabar dan majalah (dalam arti sempit), dan pers dalam arti luas menyangkut media massa (surat kabar, radio, televisi, dan film).
  2. Pers dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, kata pers berarti: (1) alat cetak untuk mencetak buku atau surat kabar; (2) alat untuk menjepit, memadatkan; (3) surat kabar dan majalah yang berisi berita; (4) orang yang bekerja di bidang persurat kabaran.

baca juga ;