Pengertian Syirkah

Pengertian Syirkah

Secara bahasa kata syirkah berarti al-ikhtilath (pencampuran) dan persekutuan. Yang dimaksud dengan pencampuran disini adalah seseorang mencampurkan hartanya dengan harta orang lain sehingga sulit untuk membedakannya.

Adapun menurut istilah ada beberapa definisi yang dikemukakan ulama:

  1. Menurut ulama Hanafiah

Syirkah yaitu, “Akad antar dua orang yang berserikat pada pokok harta (modal) dan keuntungan”.

  1. Menurut ulama Malikiyah

Syirkah yaitu, “Izin untuk bertindak secara hukum bagi dua orang yang bekerjasama terhadap harta mereka”.

  1. Menurut Hasby as-Shiddiqie

Syirkah yaitu, “Akad yang berlaku antara dua orang atau lebih untuk saling tolong menolong dalam suatu usaha dan membagi keuntungannya”.[1]

Jika dilihat dari tiga definisi diatas sesungguhnya perbedaan hanya bersifat redaksional, namun secara esensial prinsipnya sama yaitu bentuk kerja sama antara dua orang atau lebih dalam sebuah usaha dan konsekuensi keuntungan dan kerugiannya ditanggung secara bersama.


  1. Dasar Hukum Syirkah

Syirkah memiliki kedudukan yang sangat kuat dalam islam. Sebab keberadaannya diperkuat oleh al-Qur’an, hadits, ijma ulama. Dalam al-Qur’an terdapat ayat-ayat yang mengisyaratkan pentingnya syirkah diantaranya terdapat dalam al-Qur’an.

  1. Surat an-Nisa ayat 12.

Artinya: “Maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga” (Q.S an-Nisa ayat 12)

  1. Surat Saad ayat 24.

Artinya: “Sesungguhnya kebanyakan orang-orang yang berserikat itu sebagian mereka berbuat zalim kepada sebagian yang lain kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan amat sedikit mereka itu”. (Q.S Saad Ayat 24)

Adapun dalam hadits, Rasulullah bersabda:

Artinya: “Aku adalah orang ketiga dari dua hamba-Ku yang bekerjasama selama keduanya tidak berkhianat. Jika salah satunya berkhianat, maka Aku akan keluar dari keduanya dan penggantinya adalah syetan”. (HR. Abu Daud).

Berdasarkan sumber hukum diatas maka secara ijma para ulama sepakat bahwa hukum syirkah yaitu boleh.[2]

 

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/