Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Pengertian Produk Menurut Para Ahli
Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Swastha dan Irawan (1990:165)

Menurut Swastha dan Irawan, Produk yaitu suatu sifat kompleks, baik sanggup diraba maupun tidak diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan, pelayanan pengusaha dan pengecer, yang diterima pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan.

Fandy Tjiptono (1999:95)

Menurut Fandy Tjiptono, Produk yaitu segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminya, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.

Stanton (1996:222)

Menurut Stanton, Produk yaitu kumpulan dari atribut-atribut yang kasatmata maupun tidak nyata, termasuk didalamnya kemasan, warna, harga, kualitas dan brand ditambah dengan jasa dan reputasi penjualan.

William J. Stanton

Menurut William J. Stanton, Dalam arti sempit, Produk yaitu sekumpulan atribut fisik secara kasatmata yang bekerjasama dalam bentuk yang sanggup diidentifikasikan. Sedangkan secara umum, produk yaitu sekumpulan atribut yang kasatmata dan tidak kasatmata yang didalamnya tercakup warna, harga, kemasan, prestise pengecer dan pelayanan dari pabrik dan pengecer yang mungkin diterima oleh pembeli sebagai sesuatu yang sanggup memuaskan keinginannya (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)

otler

Menurut Kotler, Produk mempunyai arti yang luas yaitu segala sesuatu yang ditawarkan, dimiliki, ipergunakan atau dikonsumsi sehingga sanggup memuaskan keinginan dan kebutuhan termasuk didalamnya fisik, jasa, orang, daerah organisasi dan gagasan.

H. Djaslim Saladin, SE

H. Djaslim Saladin, SE mengemukakan beberapa pengertian produk diantaranya:
  • Pengertian produk dalam arti sempit yaitu sekumpulan sifat fisik dan kimia yang berwujud yang dihimpun dalam suatu bentuk serupa dan yang telah dikenal.
  • Pengertian produk dalam arti luas yaitu sekelompok sifat yang berwujud dan tidak berwujud yang didalamnya tercakup warna, harga, kemasan, prestise pabrik, prestise pengecer, dan pelayanan yang diberikan konsumen dan pengecer yang sanggup diterima konsumen sebagai kepuasan yang ditawarkan terhadap keinginan atau kebutuhan konsumen.
  • Pengertian produk secara umum yaitu segala sesuatu yang sanggup memenuhi dan memuaskan kebutuhan atau keinginan manusia, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.