Pengenalan Tanaman Jahe

Pengenalan Tanaman Jahe

Pengenalan Tanaman Jahe

Pengenalan Tanaman Jahe
Pengenalan Tanaman Jahe

Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat terkenal dan populer sebagai Rempah-rempah Dan juga bahan Obat-obatan. Rimpang tersebut berbentuk jerami yang menggembung di Ruas-ruas tengah, Dan rasa dominan pedas di sebabkan senyawa keton yang bernama Zingeron. Jahe tersebut juga termasuk suku Zingiberaceae (Temu-temuan). Dan nama ilmiah jahe di berikan oleh (William Roxburgh) dari kata yunani (zingiberi) Dan dari bahasa Sanskerta (Singaberi).

Klasifikasi Tanaman Jahe

  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub-divisa : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledoneae
  • Ordo : Zingiberales
  • Famili : Zingiberaceae
  • Genus : Zingiber
  • Species : Zingiber officinale

Deskripsi Tanaman Jahe

Jahe merupakan tanaman yang berbatang semu, Tinggi 30 cm hingga 1 m. Rimpang apabila di potong berwarna kuning atau jingga, Daun berpasangan berbentuk pedang, Dan panjang 15-23 mm, Lebar 8-15 mm, Kemudian tangkai daun berbulu dengan panjang 2-4 mm. Dan bentuk lidah daun memanjang kurang lebih 7,5-10 mm Tetapi tidak berbulu, Dan seludang agak berbulu, Bunga berupa malai yang keluar di permukaan tanah, Yang berbentuk tongkat atau bulat telur yang sempit dengan panjang 2,75-3 kali lebarnya, Sangat tajam, Panjang malai 3,5-5 cm. Dan tangkai bunga hampir tidak berbulu dengan panjang 25 cm.

Morfologi Tanaman Jahe

Rahis berbulu jarang, Terdapat sisik pada tangkai bunga yang berjumlah 5-7 buah atau helai. yang berbentuk lanset yang letaknya berdekatan atau rapat, Hampir tidak berbulu, Panjang sisik 3-5 cm. Dan daun pelindung berbentuk bundar telur terbalik, bundar pada ujungnya, Tidak berbulu yang berwarna hijau cerah, panjang 2,5 cm, dan lebar 1-1,75 cm. Mahkota bunga berbentuk tabung 2-2,5 cm, Helainya agag sempit berbentuk tajam yang berwarna kuning kehijauan, Panjang 1,5-2,5 mm, Dan lebar 3-3,5 mm, Bibir berwarna ungu, Gelap, Berbintik-bintik yang berwarna putih Kekuningan. Dan panjang 12-15 mm, Dan kepala sari berwarna ungu, kemudian panjangnya 9 mm, Lalu tangkai putik berjumlah 2 tangkai.

 

Sumber: https://www.bertani.co.id