Pengawasan pada zaman Rasulullah saw

 Pengawasan pada zaman Rasulullah saw

Berkaca pada sejarah hidup, Rasulullah melakukan pengawasan yang benar-benar menyatu dalam kehidupan. Jika ada seseorang melakukan kesalahan, pada saat itu Rasulullah menegurnya. Tidak  ada kesalahan yang didiamkan oleh Rasulullah. Ketika melihat seeorang yang wudhunya kurang baik, beliau menegurnya saat itu juga. Ketika ada seorang sahabat yang shalatnya kurang baik, Rasulullah mengatakan, “Shalatlah karena engakau adalah orang yang belum melaksanakan shalat”.

Jadi, itulah cara Rasulullah melakukan pengawasan terhadap sahabat-sahabat beliau. Pada zaman Umar bin Khattab terjadi pengawasan terhadap para pekerja, para pekerja yang mendapatkan tugas tertentu benar-benar diawasi. Kasus yang terkenal adalah kasus Gubernur Mesir Amru bin Ash yang mengambil tanah orang Yahudi untuk membuat irigasi dan jalan tanpa persetujusnnys. Persoalannya, orang Yahudi itu tidak mau tanahnya hilang begitu saja meskipun ditjukan untuk kepentingan umum. Peristiawa ini dilaporkan kepada Umar. Begitu medengar pengaduan yang diterima, Umar langsung memanggil Amru bin Ash dan menanyakan kebenaran berita yang diterimanya. Amru bin Ash membenarkan tindakannyna mengambi tanah Yahudi itu. Umar pun memerintahkan kepada Amru bin Ash untuk mengembalikan taah itu. Inilah contoh kesalahan yang tidak pernah dibiarkan dan langsung dikoreksi pada saat itu juga.

  1. Kepercayaan dan pengawasan

Kepercayaan dan pengawasan tidak dapat dipidahkan. Seorang pemimpin boleh percaya kepada bawahan, tetapi dengan control sebuah kepercayaan yang diberikan tanpa adanya control, sering disalahgunakan. Banyak terjadi kasus orang kepercayaan yang tiba-tiba berkhianat.

      Jika bertransaksi dengan rekan bisnis, transaksi itu harus jelas, walaupun bukan satu dua kali melakukan kegiatan usaha dengan rekanan tersebut oleh karena itu, dalam Al-Quran dikemukakan bahwa setiap transaksi harus dicatat, jika tidak, kepercaaan ini dapat hilang dan penyesalan akan timbul belakangan.

sumber ;
https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/