Menumbuhkan sikap terbuka

 Menumbuhkan sikap terbuka

Globalisasi berdampak tumbuhnya sikap terbuka manusia maupun bangsa. sikap terbuka ini untuk mengenal dan menghormati perbedaan, kelebihan, kekurangan dalam kehidupan manusia sebagai individu maupun bangsa yang hidup di negara lain.

  1. Globalisasi memberikan tawaran baru

Globalisasi menawarkan kesempatan yang belum pernah ada sebelumnya. Contohnya paling gampang kesempatan untuk mengakses ilmu pengetahuan seluas-luasnya di Internet.

  1. Terbukanya mobilitas sosial

Kemajuan transportasi mendorong mobilitas sosial yang semakin terbuka, dimana jarak tidak lagi menjadi permasalahan. Dengan alat tarnsportasi modern jarak bermil-mil bisa ditempuh dengan waktu singkat.

  1. Dampak Negatif Globalisasi

Relita menunjukkan bahwa globalisasi tidak sekedar memberi dampak positif.

Dampak-dampak negatif globalisasi antara lain:

  1. Pergeseran nilai

Globalisasi sering kali cenderung mengintrodusir sesuatu yang baru, baik bersifat materiil maupun non materiil yang bersifat asing dalam tempo yang sangat cepat. Akibatnya di satu pihak terlihat masih belum siap menerima, mengadopsi dan menyerap. Sehingga akan menyebabkan terjadinya kegoncangan budaya sekaligus ketertinggalan budaya (“cultural lag”), keresahan dan dilema dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  1. Pertentangan nilai

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/