Mengecat Dinding

Mengecat Dinding

Hal yang pertama harus diketahui adalah jenis cat dan cat yang digunakan harus sesuai dengan kegunaannya, misalnya cat eksterior digunakan untuk dinding eksterior karena lebih tahan terhadap perubahan iklim, temperatur dan suhu udara yang drastis. . Cat yang mudah luntur seringkali disebabkan oleh kualitas cat dan kegunaannya, misalnya cat interior digunakan untuk eksterior.

Cat yang baik adalah cat yang memiliki ketahanan garam (tahan alkali) yang terkandung dalam campuran pengisi dinding agar warna cat tembok tidak cepat kusam dan bergaris-garis. Untuk memperkuat cat eksterior agar lebih tahan lama diperlukan primer karena memiliki ketahanan yang cukup terhadap garam atau alkali untuk mencegah kerusakan pada cat tembok. Cat tembok eksterior / eksterior umumnya memiliki sifat kimiawi yang membuatnya tahan cuaca dan disebut tahan cuaca, pelindung cuaca, dll. Meskipun Anda akan menggunakan cat eksterior, sebaiknya Anda mengecatnya terlebih dahulu.

Tahapan melukis

Siapkan alat sebelum mengecat, seperti kuas, kaleng air. Cat, aduk sekitar lima menit.
Jangan lupa untuk menghindari mengecat barang lain, lepaskan atau tutupi dengan koran terlebih dahulu. Pertama-tama bersihkan dinding dengan penyedot debu jika tersedia, atau dengan kemoceng atau sapu. Jika terlalu kotor, Anda bisa menyikatnya dengan deterjen atau pembersih jamur. Bersihkan permukaan dengan air.
Dempul dan ratakan dengan plamir bagian dinding yang perlu diperbaiki, seperti retak rambut, lubang paku dan lain-lain.
Permukaan wall coat baru dapat dilapisi dengan water base atau solvent berkualitas agar hasil akhir lebih rata, halus dan tidak mudah terkelupas. Sealer dinding juga dapat digunakan untuk mengatur pH semen dengan pH cat agar warna lebih awet.
Cat dengan warna putih sebagai alas, tunggu 1-2 jam hingga mengering. Campurkan cat warna dengan air sebanyak 10 persen dari jumlah cat sambil diaduk hingga tercampur selama 5 menit.
Trik mengecat secara merata adalah dengan zigzag ke atas dan ke bawah berulang kali hingga dinding tertutup rata. Setelah 2-3 jam, baru ditutup dengan cat lagi untuk hasil yang lebih halus. Rol dapat digunakan untuk mencocokkan warna permukaan dinding.
Untuk plafon bisa menggunakan roller, campuran cat menjadi sedikit kental.
Jika ingin berganti warna, dinding harus diampelas hingga halus. Bersihkan dengan alat pembersih, lalu cat dengan warna yang Anda inginkan. Agar dinding tidak menunjukkan warna yang berbeda, caranya adalah mengerjakan satu bidang dinding pada satu waktu sehingga warna semua permukaan relatif sama. Interval waktu antara lapisan pertama dan lapisan kedua kira-kira 1-2 jam dan tidak boleh terlalu lama.