Menalar

Table of Contents

Menalar

 

Penalaran adalah proses berpikir yang logis dan sistematis atas fakta empiris yang dapat diobservasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan. Titik tekannya tentu dalam banyak hal dan situasi peserta didik harus lebih aktif daripada guru. Terdapat dua cara menalar, yaitu:
a.       Penalaran induktif merupakan cara menalar dengan menarik simpulan dari fenomena atau atribut khusus untuk hal-hal yang bersifat umum. Jadi, menalar secara induktif adalah proses penarikan simpulan dari kasus-kasus yang berisifat nyata secara individual atau spesifik menjadi simpulan yang bersifat umum. Kegiatan menalar secara induktif lebih banyak berpijak pada observasi inderawi atau pengamatan empirik.
b.      Penalaran deduktif merupakan cara menalar dengan menarik simpulan dari pernyataan atau fenomena yang bersifat umum menuju pada hal yang bersifat khusus. Pola penalaran deduktif dikenal dengan pola silogisme (kategorial, hipotesis dan alternatif).

4.      Mencoba

Akativitas pembelajaran yang nyata antara lain:
a.       menentukan tema atau topik sesuai dengan kompetensi dasar menurut tuntutan kurikulum,
b.      mempelajari cara-cara penggunaan alat dan bahan yang tersedia dan harus disediakan,
c.       mempelajari dasar teoretis yang relevan dan hasil eksperimen sebelumnya,
d.      melakukan dan mengamati percobaan,
e.       mencatat fenomena yang terjadi, menganalisis, dan menyajikan data,
f.       menarik simpulan atas hasil percobaan,
g.      membuat laporan
sumer