MASA PRASEKOLAH

 MASA PRASEKOLAH

 MASA PRASEKOLAH

 MASA PRASEKOLAH
Anak usia prasekolah (Taman Kanak-Kanak/ Play Group)merupakan masa perkembangan individu sekitar 2-6 tahun, ketika anak mulai memiliki kesadaran tentang dirinya sebagai pria atau wanita, dapat mengatur diri dalam buang air (toilet training), dan mengenal beberapa hal yang dianggap berbahaya (mencelakakan dirinya).

 Perkembangan fisik

Proporsi tubuhnya berubah secara dramatis, seperti pada usia tiga tahun, rata- rata tingginya sekitar 80- 90 cm, dan beratnya sekitar 10- 13 kg; sedangkan pada usia lima tahun, tingginya sudah mencapai 100- 110 cm.
Tulang kakinya tumbuh dengan cepat, namun pertumbuhan tengkoraknya tidak secepat usia sebelumnya. Pertumbuhan tulang- tulangnya semakin besar dan kuat. Pertumbuhan giginya semakin lengkap/komplit sehingga dia sudah menyenangi makanan padat, seperti daging, sayuran, buah- buahan, dan kacang- kacangan.
Pertumbuhan otaknya pada usia lima tahun sudah mencapai 75 % dari ukuran orang dewasa, dan 90 % pada usia enam tahun. Pada usia ini juga terjadinya pertumbuhan “myelinization” (lapisan urat syaraf dalam otak yang terdiri dari bahan penyekat berwarna putih, yaitu myelin) secara sempurna. Lapisan urat syaraf ini membantu transmisi impul- impul syaraf secara cepat, yang memungkinkan pengontrolan terhadap kegiatan- kegiatan motorik lebih seksama dan efisien.

baca juga :