MASA BAYI

MASA BAYI

MASA BAYI

MASA BAYI

1. Periodesasi Bayi
Masa bayi adalah masa yang berlangsung 2 tahun pertama setelah periode bayi yang beru umur 2 minggu. Memang sering orang menyebutkan bahwa masa bayi adalah setelah lahir dan masa dimana bayi tidak berdaya, tetapi anggapan tersebut adalah salah, karena masa bayi setelah lahir dari kandungan adalah masa prenatal.tetapi tidak berarti bahwa keadaan bayi tidak berdaya atau pascanatal secara cepat menghilang dan bayi menjadi mandiri, melainkan setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan bayi semakin mampu mandiri sehingga saat masa bayi berakhir maka seorang manusia akan berbeda dengan awal masa bayi. Sedangkan bayi dan anak kecil itu berbeda, kalau anak kecil adalah bayi yang berhasil menguasai tubuhnya sehingga relative mandiri.

 Ciri-ciri masa bayi :

1) Masa bayi adalah masa dasar yang sesungguhnya, karena pada masa bayi adalah dasar. Periode kehidupan yang sesungguhnya karena pada saat ini banyak pola perilaku sikap dan pola ekspresi emosi terbentuk.
2) Masa bayi adalah masa dimana pertumbuhan dan perubahan berjalan pesat. Bayi berkembang pesat, baik berbentuk fisik maupun psikologis, perubahan tidak hanya terjadi dalam penampilan, tetapi juga kemampuan. Contohnya perubahan dalam bentuk tubuh.
3) Masa bayi adalah masa berkurangnya ketergantungan. jika bayi sudah bias melakukan kegiatan seperti duduk, berdiri, dan berjalan sendiri. Maka bayi tidak mau orang lain membantunya, karena jika di larang maka bayi akan protes dengan berbentuk ledakan amarah dan tangisan dan segera berkembang menjadi negativism, yaitu cirri yang menobjol pada akhir masa bayi.
4) Masa bayi adalah mas meningkatnya individualitas. Individualitas pada bayi tampak dalam penampilan dan pola-pola perilaku. Contohnya kemandirian bayi dalam mengembangkan hal-hal yang sesuai minat dan kemampuannya.
5) Masa bayi adalah pembawaan sosialisasi. Salah satu cara yaitu dengan A perilaku akrab, bayi lebih dapat mengandalkan perilaku dan kasih sayang ibu.
6) Masa bayi adalah masa yang menarik. Menurut orang dewasa bayi mempunyai perbandingan tubuh yang tidak wajar, tetapi bayi lebih menarik justru dengan tubuh / bentuk fisiknya yang mungil.
7) Bayi merupakan permulaan kreativitas. Dalam bulan-bulanpertama bayi belajar mengambangkan minat dan sikap yang merupakan dasar bagi kekreativitasnya dan penyesuaian diri dengan pola-pola yang di letakkan oleh orang lainterutama orang tua.
8) Masa bayi adalah masa berbahaya. Bahaya dapat merupakan bahaya fisik dan psikologis. Bahwa fisik yang paling parah adalah penyakit dan kecelakaan. Karena pola perilaku minat dan sikap terbentuk selama masa bayi. Sedangkan bahaya psikologis adalah bahaya psikologis dapat terwujud kalau di letakkan dasar-dasar yang buruk pada masa bayi.

sumber :

Metal Shooter: Run and Gun 1.100 Apk + Mod