Manfaat Ulat sutera

Manfaat Ulat sutera

Manfaat Ulat suteraManfaat Ulat sutera

Sutera berasal dari benang-benang

atau serat yang dijalin sedemikian rupa oleh ulat menjadi kokon yang berfungsi sebagai pelindung ulat pada saat berubah bentuk menjadi pupa. Dalam bentuk pupa. Ulat itu tidak bergerak tetapi masih hidup dan metabolisme masih berlangsung sebagaimana mahluk hidup lainnya. Berikut adalah manfaat ulat sutera.

Manfaat Ulat sutera

Ulat sutera digunakan untuk pengobatan tradisional di China, yaitu “Bombyx batryticatus” atau “ulat sutera kaku”. Hewan ini adalah larva kering 4–5 tahun yang mati akibat penyakit muskadin putih disebabkan oleh jamur Beauveria bassiana, dimanfaatkan untuk mengobati masuk angin, mencairkan dahak dan meringankan kejang-kejang.

Berdasarkan hasil penelitian, kandungan protein dari kepompong ulat sutera lebih tinggi daripada ikan, daging sapi, dan kacang-kacangan. Kokon ulat sutera juga memiliki kadar protein mencapai 78,58 % . Jika dikonsumsi dalam bentuk kokon, zat gizi yang bisa diperoleh antara lain yaitu kitin, protein larut air, karbohidrat, dan vitamin C, B1, B2, dilengkapi asam nikotinat serta asam folat. Selain memiliki kadar protein yang tinggi, kokon ulat sutra juga memiliki kandungan asam amino esensial dan non esensial. Untuk kandungan asam amino esensial terdiri dari lisin, isoleusin, leusin, valin, metionin, threonin sedangkan, untuk kandungan asam amino non esensial terdiri dari glisin, serin, dan alanin. Kokon ulat sutera mengandung mineral esensial natrium, kalium, kalsium, dan fosfat. Bahkan kandungan asam glutamat pada kokon mencapai 1,37 %. Maka tak heran kokon ulat sutera ini banyak digemari untuk dikonsusmsi.

Menurut Dr. (HC) Anita Rahayu, scrub kepompong ulat sutera berfungsi untuk: menghaluskan, mencerahkan, serta menghilangkan flek-flek hitam dan komedo. Kulit yang dirawat menggunakan bahan tersebut juga dapat terlihat lebih cerah dan berkilau. Hal itu dikarenakan lapisan fibroin atau protein dari ulat sutera bisa membuat kulit bercahaya bak mutiara. Fibroin juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Selain bagi kesehatan dan kecantikan ulat sutera juga bermanfaat sebagai Tali sutera lebih kuat apabila dibandingkan dengan tali kawat baja dengan tebal yang sama Sutera adalah serat alami terkuat yang pernah manusia ketahui sampai saat ini. Dan biasanya sutera juga digunakan sebagai fashion.

 

POS-POS TERBARU