Lantik Dewan Pendidikan Jabar Periode 2017 – 2022

Lantik Dewan Pendidikan Jabar Periode 2017 - 2022

Lantik Dewan Pendidikan Jabar Periode 2017 – 2022

 

Lantik Dewan Pendidikan Jabar Periode 2017 - 2022

Ahmad Heryawan

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meminta kepada dewan pendidikan provinsi Jabar untuk meningkatkan pengawasan pada dunia pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Aher menginginkan, dalam pelaksanaan pendidikan di Jabar tidak hanya transfer knowledge atau ilmu pengetahuan saja tapi juga pendidikan karakter.

Aher mengatakan hal itu kepada pengurus dewan pendidikan Jabar masa jabatan 2017 – 2022 yang baru saja Ia lantik di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Kamis (05/03/2018).

“Kita menginginkan, merencanakan, mendesain supaya pendidikan di Jabar adalah pendidikan berkarakter jadi pendidikan tidak hanya tranfser knowledge disaat yang sama juga pendidikan moral dan akhlak,” kata Aher.

Selain itu, dewan pendidikan yang beranggotakan para pakar dari berbagai bidang dan pemerhati pendidikan, melalui keahlian dan pengalamannya juga berhak untuk memberi masukan atau usulan bagi pengambil kebijakan untuk memperbaiki metodologi pengajaran, kurikulum, termasuk memperbaiki suasana pembelajaran bila dirasa kurang nyaman bagi para pelajar.

“Saya mengharapkan dewan pendidikan untuk menjadi pakar yang bersama mengamati persoalan dunia pendidikan untuk menjadi masukan, saran bagi pengambil kebijakan demi memperbaiki suasana pembelajaran agar belajar itu nyaman, itu tidak salah, saya kira wajar,” harapnya.

Anggota dewan pendidikan

Anggota dewan pendidikan Jabar periode 2017 – 2018 ini berisi para pakar pendidikan yang mewakili berbagai bidang dan instansi. Dari perguruan tinggi diwakili oleh pakar dari ITB, Unpad, UPI, IPB dan Unpas. Terdapat juga wakil dari organisasi guru yaitu PGRI, sekolah swasta yang tergabung dalam BNPS, komite sekolah, pengawas, hingga wakil dari dunia usaha.

“Saya kira ini sudah ideal ya, ada proses keterwakilan dari berbagai pakar berbagai bidang. Dunia usaha pun masuk menjadi bagian penting dari pengembangan pendidikan kita, ini sudah kumplit sekali,” ujar Aher.

Dewan pendidikan Jabar memiliki sejumlah tugas, seperti mengkoordinasikan pelaksanaan fungsi dan tugas mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan. Menyampaikan hasil penghimpunan, analisis, rekomendasi atas keluhan, saran, kritik dan aspirasi masyarakat terhadap pendidikan kepada Gubernur.

Jabar periode 2017 – 2022

Berikut susunan pengurus dewan pendidikan Jabar periode 2017 – 2022 sesuai Surat Keputusan Gubernur Jabar nomor 420/Kep.1216-Yanbangsos/2017, tanggal 22 Desember 2017.

  1. Prof. Dr. Ir. Wisnu Cahyadi, M.Si (Ketua)
    2. Prof. Dr. Cecep Darmawan, S.Pd.,M.H.,M.Si
    3. Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad
    4. Prof. Dr. Ir. Denny Juanda P, DEA
    5. Prof. Dr. Endang Komara, M.Si
    6. Dr. Rahman Mulyawan, M.Si
    7. Dr. Brian Yuliarto, M.Eng
    8. Dr. H. Edi Permadi, M.M.Pd
    9. Drs. H. Bambang Sutrisno, SE.,MM
    10. Drs. H. Bambang Haryono, MM
    11. Iwan Hermawan, S.Pd.,MM
    12. Ir. H. Iwan Laksana
    13. Juli Wahyu Pari Dunda, S.Pd.,M.Si
    14. Drs. Dodo Sudrajat, M.M.Pd.
    15. Dr. Ganjar, M.Pd. ( Humas dan Protokol Setda Jabar )

 

Sumber : https://www.ayoksinau.com/