Lakukan analisis sosiometri

Lakukan analisis sosiometri

Lakukan analisis sosiometri

Lakukan analisis sosiometri
Lakukan analisis sosiometri

Penyelenggaraan pilihan teman terdekat diantara sesama kasus (siapa yang paling disenangi atau tidak disenangi dengan alasannya). Dengan jalan demikian, dengan mudah ditemukan kasus mana yang diduga mengalami kesulitan penyesuaian sosial yang memerlukan bimbingan.

CONTOH IDENTIFIKASI KASUS

Tujuan dari identifikasi kasus adalah untuk menentukan siswa yang mendapat masalah belajar Bahasa Inggris khususnya dan yang memerlukan bantuan atau penanganan untuk meningkatkan motivasi atau hasil belajarnya.

Dalam analisa ini penulis:

  1. Memperhatikan siswa atau siswi di dalam kelas apabila berlangsung kegiatan belajar mengajar.
  2. Memperhatikan siswa atau siswi yang kurang serius.
  3. Menetukan siswa atau siswi yang dianggap bermasalah.

Dari hasil observasi di dalam kelas, penulis menemukan ada siswa yang sering sekali bercanda, mengobrol bersama temannya pada waktu jam pelajaran Bahasa Inggris. Hal tersebut sangat menggangu sekali bagi seorang calon guru, terutama bagi proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu maka penulis menjadikan siswa tersebut sebagai siswa kasus.

Berdasarkan data yang dijaring dan teknik atau metode yang dilaksanakan dapat diperoleh data sebagai berikut:

Data Berdasarkan Angket

Identifikasi Kasus

  1. Nama                                             : Topan (fiktif)
  2. Tempat dan tanggal lahir               : Malang, 22 Desember 1993 (fiktif)
  3. Jenis Kelamin                                : Laki-laki
  4. Agama                                           : Islam
  5. Suku Bangsa                                  : Jawa
  6. Alamat                                           : Jl. Kamboja No.46 (fiktif)
  7. Jumlah saudara kandung               : 2 (dua)

–       jumlah saudara laki-laki            : 1 (satu)

–       jumlah saudara perempuan       : –

  1. Anak ke-                                        : 2 (dua)
  2. Hobby                                            : Membaca cerpen/ novel
  3. Status                                             : Anak kandung

Identifikasi Orang tua (Ayah)

  1. Nama Ayah                                   : Carlo Ancellotti  (fiktif)
  2. Pendidikan terakhir                       : S1
  3. Agama                                           : Islam
  4. Pekerjaan                                       : Swasta
  5. Alamat                                           : Jl. Kamboja No. 46 (fiktif)

Identitas Orang Tua (Ibu)

a.  Nama Ibu                                       : Marry Jane (fiktif)

b.  Pendidikan terakhir                       : S1

c.  Agama                                           : Islam

d.  Pekerjaan                                       : Swasta

e.  Alamat                                           : Jl. Kamboja No. 46 (fiktif)

Riwayat Hidup

  1. Tahun lulus SD                              : 2005
  2. Tahun lulus SLTP                          : 2008
  3. Tahun masuk SMK                        : 2008
    1. Cita-cita                              : Pengusaha, memiliki bengkel mobil sendiri

Data Berdasarkan Hasil Problem

Dari data checklist, didapatkan data sebagai berikut:

  1. A.    Kesehatan
  1. Sering merasa pening
  2. Pernah mendderita sakit
  3. Tidak dibiasakan mendapatkan uang saku
  4. Tamat SMK tidak melanjutkan karena biaya
  5. Rumah
    1. Saya sudah tidak punya ayah
    2. Saya sudah tidak punya ibu
    3. Dirumah merasa tidak disenangi
    4. Kurang senang dengan tingkah laku orang rumah
    5. Saya tidak puas dengan keadaan saya sekarang
      1. Di rumah merasa diabaikan
      2. Orang tua sering tidak mengerti
      3. Merasa tidak betah di rumah
      4. Merasa kurang puas dengan kehidupan sekarang
      5. Sering berdusta
      6. Sering tidak mengakui kesalahan
      7. Sering tidak jujur
      8. Hampir tidak mempunyai waktu untuk rekreasi
      9. Keinginan untuk berekreasi sering terhalang
      10. Gemar nonton film/band
      11. Ingin belajar menyanyi
        1. Merasa tidak disenangi kawan
        2. Sukar menyesuaikan diri
        3. Bersifat pemalu
        4. Mudah tersinggung
        5. Ada sifat marah
          1. Ingin mengetahui bakat dan kemampuan yang sebenarnya
          2. Belajar dengan waktu yang tidak teratur
          3. Susah memahami pelajaran yang saya pelajari
          4. Sulit memulai untuk belajar
          5. Dalam belajar lekas merasa lelah
          6. Malas belajar
          7. Ada pelajaran sehari-hari yang berat
          8. Sulit memahami sendiri isi buku
          9. Sering merasa gugup saat dapat giliran
          10. Sukar mengerjakan tugas guru
          11. Bercinta adalah bagian dari hidup saya
            1. Sering terganggu oleh rasa cemburu
            2. Bercinta dimasa sekolah dapat memberi dorongan
            3. Saya mulai tertarik pada salah satu teman
            4. Saya pernah patah hati dalam bercinta
            5. Berkhayal tentang addegan difilm

Baca Juga :