Kenaikan Pendapatan Provinsi Jawa Tengah

Kenaikan Pendapatan Provinsi Jawa Tengah

Kenaikan Pendapatan Provinsi Jawa Tengah

Kenaikan Pendapatan Provinsi Jawa Tengah
Kenaikan Pendapatan Provinsi Jawa Tengah

Berdasarkan grafik di atas terliahat pendapatan asli daerah provinsi Jawa Tengah dari tahun ke tahun tampak stabil 0 – 50 % sedangkan lain – lain pendapatan yang sah provinsi Jawa Tengah pada tahun 2007 terlihat meningkat tajam sebesar 472 %.
Klasifikasi ekonomi merupakan pengelompokan belanja yang didasarkan pada jenis belanja untuk melaksanakan suatu aktivitas. Klasifikasi ekonomi untuk pemerintah pusat yaitu belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, bunga, subsidi, hibah, bantuan sosial, dan belanja lain-lain. Klasifikasi ekonomi untuk pemerintah daerah meliputi terdiri dari belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, bunga, subsidi, hibah, bantuan sosial, dan belanja tak terduga.

Belanja operasi merupakan pengeluaran anggaran untuk kegiatan sehari-hari pemerintah pusat/daerah yang memberi manfaat jangka pendek. Belanja operasi antara lain meliputi belanja pegawai, belanja barang, bunga, subsidi, hibah, bantuan sosial. Belanja modal adalah pengeluaran anggaran untuk perolehan aset tetap dan aset lainnya yang memberi manfaat lebih dari satu periode akuntansi. Belanja modal meliputi antara lain belanja modal untuk perolehan tanah, gedung dan bangunan, peralatan, dan aset tak berwujud.

Belanja lain-lain/tak terduga adalah pengeluaran anggaran untuk kegiatan yang sifatnya tidak biasa dan tidak diharapkan berulang seperti penanggulangan bencana alam, bencana sosial, dan pengeluaran tidak terduga lainnya yang sangat diperlukan dalam rangka penyelenggaraan kewenangan pemerintah pusat/daerah.
Klasifikasi belanja menurut ekonomi (jenis belanja) adalah sebagai berikut:
1. Belanja Operasi:
2. Belanja Pegawai- Belanja Barang
3. Bunga
4. Subsidi
5. Hibah
6. Bantuan Sosial
7. Belanja Modal:
8. Belanja Aset Tetap
9. Belanja Aset Lainnya
10. Belanja Lain-lain/Tak Terduga

Klasifikasi belanja menurut fungsi adalah sebagai berikut:
1. Belanja :
2. Pelayanan Umum
3. Pertahanan
4. Ktertiban dan Keamanan
5. Ekonomi
6. Perlindungan Lingkungan Hidup
7. Perumahan dan Permukiman
8. Kesehatan
9. Pariwisata dan Budaya
10. Agama’

Sumber : https://student.blog.dinus.ac.id/blogtekno/seva-mobil-bekas/