Jenis-Jenis Senam

Jenis-Jenis Senam

Jenis-Jenis Senam

Jenis-Jenis Senam
Jenis-Jenis Senam

Menurut Federation Internationale de Gymnastique (FIG), senam terbagi menjadi enam kelompok, yakni senam artistik, senam ritmik sportif, senam akrobatik, senam aerobik sport, senam trampolin, senam umum.

Senam Artistik

Senam Artistik merupakan jenis senam yang sering diperlombakan, senam ini gerakannya disusun dari masing-masing alat dan sudah ditetapkan sesuai pertandingan berlaku. Contoh senam artistik diantaranya senam lantai, kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan lain sebagainya.

Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif yaitu jenis senam yang dikembangkan dari senam irama yang diantarkan oleh irama musik yang menghasilkan gerak-gerak badan dan alat-alat yang indah.

Senam Akrobatik

SenamAkrobatik yaitu jenis senam yang mengendalikan gerakan akrobatik sehingga latihannya banyak mengandung salto sementara pesenamnya harus mendarat di atas tangan dan di atas pundak pasangannya. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-negara/)

Senam Aerobik Sport

Senam aerobik sport yaitu jenis senam yang merupakan pengembangan dari senam aerobik berupa tarian atau kalestenik tertentu, kemudian digabungkan dengan akrobatik yang sulit.

Senam Trampolin

Senam Trampolin yaitu jenis senam yang merupakan pengembangan senam yang dilakukan di atas trampolin.

Senam Umum

Senam umum yaitu semua jenis senam selain kelima senam di atas. Seperti senam aerobik, senam pagi, dan senam SKJ.