Jenis-Jenis Produk

Jenis-Jenis Produk

Jenis-Jenis Produk

Jenis-Jenis Produk
Jenis-Jenis Produk

Produk Konsumsi

Produk konsumsi yaitu produk yang digunakan oleh konsumen akhir. Dalam hal ini, produk yang dibeli akan dikonsumsi atau diguankan eksklusif dan tidak dijual maupun dibisniskan kembalioleh orang yang bersangkutan.

Produk Industri

Produk Industri yaitu produk yang sengaja dibeli sebagai materi baku maupu sebagai barang yang diperdagangkan kembali oleh pembelinya. Dalam hal ini, produk yang dibeli akan dibentuk menjadi produk lain maupan dijual kembali dengan tujuan mencari keuntungan.

Klasifikasi Produk

Menurut Kotler (2000:45), produk diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok yaitu:

Berdasarkan Wujud
Berdasarkan wujudnya, produk diklasifikasikan menjadi 2 yaitu: Barang dan Jasa.

  1. Barang yaitu produk yang berwujud fisik, sehingga sanggup dilihat, diraba, disetuh, dirasa, dipegang, disimpan, dipindahkan dan perlakukan fisik lainnya.
  2. Jasa yaitu aktivitas, manfaat dan kepuasan yang ditawarkan untuk dijual. Contoh produk berupa jasa diantaranya ibarat salon, hotel dan lain sebagainya.

Berdasarkan Daya Tahan

Berdasarkan daya tahannya, produk dikategorikan menjadi 2 yaitu:

Barang tidak tahan lama

Barang tidak tahan usang (nondurable goods) yaitu barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Contohnya: sabun, pasta gigi dan sebagainya.

Barang tahan lama

Barang tahan usang (durable goods) yaitu barang berwujud yang biasanya sanggup bertahan usang dengan banyaknya pemakaian. Contohnya: lemari es dan lain-lain.

Menurut Fandy Tjiptono, produk diklasifikasikan menjadi barang konsumen dan barang industri:

Barang Konsumen

  • Barang Konsumen yaitu barang yang dikonsumsi untuk kepentingan konsumen final dan bukan untuk kepentingan bisnis, terdapat empat jenisbarangkonsumen yaitu:
  • Convenience Goods yaitu barang yang umumnya mempunyai frekuensi pembelian yang tinggi (sering dibeli), diharapkan dalam waktu segera dan membutuhkan perjuangan yang minimum dalam perbandingan dan pembeliannya.
  • Shooping Goods yaitu barang yang proses pemilihan dan pembelianya konsumen membandingkan harga, kualitas, dan model diantara banyak sekali alternatif yang ada. Contohnya: alat rumah tangga, pakaian dan lain sebagainya.
  • Speciality goods yaitu barang yang mempunyai karakteristik atau identifikasi merek yang unik dimana sekelompok konsumen bersedia melaksanakan perjuangan khusus untuk membelinya. Umumnya jenis barang ini terdiri atas barang-barang mewah, dengan merek dan model yang spesifik, ibarat kendaraan beroda empat jaguar dan pakaian desain terkenal.
  • Unsought goods yaitu barang yang tidak diketahui maupun telah diketahui konsumen, konsumen belum tentu tertarik untuk membelinya. Contohnya: kerikil nisan, ensiklopedi, tanah pekuburan dan lain sebagainya.

Barang Industri

Barang industri yaitu barang yang di konsumsi oleh konsumen antara atau konsumen bisnis. Barang industri ini selain digunakan untuk di konsumsi langsung, yaitu untuk diolah menjadi barang lain atau untuk dijual kembali. Terdapat 3 kelompok barang industri, yaitu:

  1. Material and part yaitu barang yang sepenuhnya masuk dalam produk jadi. Kelompok ini dibagi menjadi materi baku, materi jadi dan suku cadang.
  2. Capital Items yaitu barang tahan usang yang memberi akomodasi dalam membuatkan atau mengelola produk jadi.
  3. Supplies and service yaitu barang yang tidak tahan usang dan jasa yang memberi akomodasi dalam mengembangkan/mengelola keseluruhan produk jadi.

Tingkatan Produk

Produk dibagi menjadi lima tingkatan diantaranya:

  • Manfaat dasar dari produk yang ditawarkan pada konsumen.
  • Bentuk dasar dari produk yang sanggup dirasakan panca indera.
  • Serangkaian atribut produk dan kondisi yang diharapkan pembeli pada ketika membeli produk.
  • Sesuatu yang membedakan antara produk yang ditawarkan dengan produk yang ditawarkan lainnya.
  • Semua argumentasi dan perubahan bentuk yang dialami oleh produk dimasa datang.

 

Baca Artikel Lainnya: