JENIS DATA DALAM SIATE INFORMASI GEOGRAFIS

JENIS DATA DALAM SIATE INFORMASI GEOGRAFIS

JENIS DATA DALAM SIATE INFORMASI GEOGRAFIS

JENIS DATA DALAM SIATE INFORMASI GEOGRAFIS

1. DATA SPASIAL

Data ini mempresentasikan dan mengidentifikasikan posisi ruang (letak geografis) dari sebuah fenomena. Contoh dari data spasial yaitu letak suatu daratan, informasi garis lintang dan garis bujur, kepulauan, hutan sumber minyak, gas alam, pegunungan dan lain- lain. Data spasial ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi suatu lokasi, misalnya Kode Pos.

2. DATA ATRIBUT

Data atribut merupakan suatu data yang menjabarkan aspek dari suatu fenomena dalam bentuk deskripsi atau suatu penjelasan yang terperinci. Data tersebut dalam bentuk kata- kata, angka dan table.
Data yang dapat dijumpai pada data kepadatan penduduk, jenis- jenis tanah, data luas wilayah, data demografis dan sebagainya.

3. DATA VEKTOR

Data vector merupakan sebuah data yang dipresentasikan sebagai suatu mozaik berupa titik/point, garis (arc/line) dan polygon. Polygon yaitu suatu daerah yang dibatasi oleh garis yang berawal dan berakhir pada titik yang sama. Sedangkan nodes yaitu titik perpotongan antara dua garis.

Kegunaan dari data vector adalah untuk menganalisa pada ketepatan posisi pada suatu wilayah atau untuk mendefinisikan hubungan spasial dari beberapa fitur.

4. DATA RASTER

Data raster atau sering disebut juga dengan sel grid yang merupakan data yang dihasilkan dari sistem penginderaan jauh. Pada data raster, objek geografis yang dipresentasikan sebagai struktur sel grid yang disebut dengan pixel (picture element).

Resolusi pada sebuah data raster tergantung pada ukuran pixelnya, dengan kata lain resolusi menggambarkan pada ukuran yang sebenarnya di permukaan bumi yang diwakili oleh setiap pixel pada citra.


Baca Juga :