Inspirasi Kurnia Astuti, Guru SD Pegiat Gerobak Baca Bersama 3 Anaknya

Ratas Pendidikan Vokasi, Jokowi Minta Sistem Pendidikan Diperbaiki

Inspirasi Kurnia Astuti, Guru SD Pegiat Gerobak Baca Bersama 3 Anaknya

Ratas Pendidikan Vokasi, Jokowi Minta Sistem Pendidikan Diperbaiki
Ratas Pendidikan Vokasi, Jokowi Minta Sistem Pendidikan Diperbaiki

Kurnia Astuti, seorang guru SDN 003 Tenggarong, Kalimantan Timur intensif

berkeliling kompleks perumahannya untuk mengajak warga terutama anak-anak membaca buku. Buku-buku komik, novel, majalah dan lain-lain dibawa dengan gerobak dorong yang biasa digunakan untuk membawa galon air.

Ia tidak sendiri, tapi ditemani oleh tiga anaknya yang masih kecil-kecil. Bilqis yang masih kelas empat SD, Yasmin yang masih duduk di TK, dan adiknya Asifa yang masih usia tiga tahun.

Baca Juga

Penyesalan Muda-Mudi Berau Usai Nyaris Bugil Saat Konvoi Sahur on The Road

Kisah Mistis di Balik Munculnya 7 Buaya Nusakambangan
Upaya Mengurai Misteri Tato di Tapak Kaki Korban Mutilasi Pasar Besar Malang

“Bersama anak-anak, saya dorong gerobak menawarkan pada siapa saja untuk membaca secara gratis, terutama anak-anak. Saya merasa terpanggil setelah melihat besarnya kecenderungan anak-anak di sini buang-buang waktu bermain gadget. Kadang-kadang bahkan anak saya ikut-ikutan tergoda. Saya ingin anak-anak di kompleks ini lebih mampu memanfaatkan waktunya dengan rajin membaca buku,” ujarnya.

Jadwal keliling kompleks menawarkan buku adalah tiap hari Jumat pukul 16.30-17.30 WIB. Mereka tidak hanya keliling kompleks perumahan mereka sendiri, tapi juga kompleks tetangga. Orang tua dan anak-anak pun menyambut gembira kegiatan Kurnia.

“Bahkan biasa orang tua memerintahkan anak-anaknya gabung membaca, daripada bermain gadget saja,” ujarnya.

 

Pada Mei ini, karena puasa, ia tidak keliling, tapi menyilahkan pembaca untuk datang langsung ke perpustakaan mini di rumahnya.

“Buku saya belum begitu banyak. Tapi saya nanti akan pasang banner rumah baca di rumah saya. Saya mempersilahkan siapa saja menyumbang buku dan akan saya manfaatkan sebaik-baiknya untuk gerakan literasi,” ujar salah satu fasilitator Daerah Program PINTAR Tanoto Foundation ini.

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/8wHKntbcBONZPy7ou450zI9A