Ibadah Ghairu Mahdhah

  1. Ibadah Ghairu Mahdhah

Cakupan ibadah ghairu mahdhah meliputi aturan bersosialisasi dengan orang lain, baik dalam masalah ekonomi, sosial, politik, dan lain sebagainya. Istilah lain dari ibadah mahdhah ialah Mu’amalah.

Ayat Al-Quran yang membahas tentang ekonomi antara lain, QS. An-nisa : 29

يأيها الذين امنوا لا تأكلوا اموالكم بينكم بالباطل إلا أن تكون تجارة عن تراض منكم ولا تقتلوا أنفسكم أن الله كان بكم رحيما

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka diantara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu.

Manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berusaha dan berkreasi. Islam tidak melarang pemeluknya bekerja asalkan tetap diatas koridor yang ditetapkan agama. Islam melarang mencari harta dengan cara-cara tidak benar, seperti menipu, mencuri, dan lain-lain.

Seperti dalam ayat tersebut dijelaskan bagaimana aturan-aturan jual beli yang benar dan sah, yakni harus ada dasar saling rela-merelakan. Ayat tersebut diatas telah menjelaskan aturan jual beli yang benar dan sah, yakni harus atas dasar saling rela.

Ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sosial, antara lain yang dijelaskan dalam QS. Al-Hujurat : 13

يآيها الناس إنا خلقنكم من ذكر وانثى وجعلكم شعوبا وقبائل لتعرفوا إن أكرمكم عندالله اتقكم إن الله عليم خبير

Artinya : Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang-orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti.

  1.  Prinsip-Prinsip Akhlak

Akhlak menempati posisi yang sangat penting dalam islam, sehingga setiap aspek dari ajaran agama islam selalu berorientasi pada pembentukan dan pembinaan akhlak. Karena itu salah satu tugas yang diemban oleh Rasulullah saw adalah menyempurnakan akhlak. Rasulullah bersabda :

إنما بعثت لاتمما مكارم الأخلاق

Artinya : Sesungguhnya saya diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak mulia.

Diantara ayat Al-Quran yang menerangkan tentang prinsip-prinsip akhlak adalah QS.  AN-Nahl : 90

إن الله يأمر با لعدل و الإحسان و ايتائ ذى القربى وينهى عن الفحشاء و المنكر و يعظكم لعلكم تذكرون

Artinya : Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

Allah Swt juga melarang seseorang yang menganggap rendah orang lain, satu kelompok meremehkan kelompok yang lain. Firman Allah dalam QS. Al-Hujurat : 11 menegaskan

يآيها الذين امنوا لا يسخر قوم من قوم عسى أن يكونوا خيرا منهم ولا نساء من نساء عسى أن يكن خيرا منهن ولا تلمزوا أنفسكم ولا تنابزوا بالألقاب بئس الاسم الفسوق بعد الإيمان ومن لم يتوب فأولئك هم الظلمون

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain, (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olok) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk.

baca juga :