Fungsi Pers

Table of Contents

 Fungsi Pers

Pers dapat dimanfaatkan untuk membentuk suatu opini publik atau mendesakkan kepentingan-kepentingan agar diperhatikan oleh penguasa. Penguasa hak asasi manusia dan hak setiap orang untuk memperoleh informasi merupakan suatu hak yang diakui secara universal. Sementara dalam kedudukannya sebagai media massa oers juga menjadi wahana untuk menyuarakan ekspresi (kehendak, kepentingan gagasan, dan keyakinan). Kebebasan untuk berekspresi ini adalah hak asasi yang berlaku universal. Dengan begitu kemerdekaan pers perlu memperoleh jaminan perlindungan agar hak asasi manusia tidak tertindas.

Konsep kebebasan pers mulai memperoleh perhatian besar pada abad ke-19. Hal ini dalami situasi perang dingin. Kejadian tersebut adalah; munculnya gejala persaingan antara dua ideologi besar, komunisme dan. liberalisme. Tidak mengherankan jika konsep kemerdekaan pers; kemudian berkembang sesuai dengan semangat  zaman yang dilanda persaingan kedua ideologi tersebut.

Sebelum membahas fungsi pers dalami masyarakat yang demokratis akan dibahas terlebih dahulu fungsi pers dalam kehidupan manusia.

  1. Fungsi universal (fungsi informasi).

Fungsi pers secara umum adalah sebagai  lembaga untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang kehidupan dan kepentingan manusia baik untuk pribadi, masyarakat, bangsa, jdan negara maupun untuk kehidupan antar bangsa (internasional).

  1. Fungsi pendidikan.

Melalui berbagai media pers, berita dimuat untuk proses pumbelajaran dengan cara memberikan berbagai informasi ilmup engetahuan, teknologi, dan keterampilan hidup (life skill).  Jadi,fungsi pendidikan dalam negara demokratis adalah sebagai media pendidikan/pembelajaran politik bagi masyarakat luas.

  1. Fungsi hiburan

Pers dapat memuat berita dan gambar yang bersifat menghibur (menyenangkan). Selain; sengaja menayangkan materi yang bertema humor atau komedi, pers juga dikemas dengan sangatmenarik. Hal ini sesuai dengan kebutuhan hidup manusia baik untuk dewasa, anak, pria, wanita, tua maupun muda.

  1. Fungsi ekonomi.

Pers dapat menyajikan berita dan gambar untuk kepentingan ekonoml, baik berita kebijakan ekonotni negara, promosi suatu komoditi barang ekonomi, bursa efek, perbankan, dan pengelolaan pers. Hal itu ditakukan oleh perusahaan dalam melahirkan kegiatan ekonomi yang cukupt potensial dan melibatkan banyak tenaga kerja.

  1. Fungsi kontrol, kritik, dan koreksi.

Kegiatan pers melalui berbagai media dapat digunakan masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap kebijakan dan aparatur negara. Hal ini dapat dilakukan melalui penyampaian usul, saran, kritik, dan koreksi berbagai bidang kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya. hukum, agama, do sebagainya. Kusman Hidayat dalam bukunya yang berjudul

sumber :

https://thesrirachacookbook.com/seva-mobil-bekas/