Fungsi menyiarkan informasi (to inform)

Fungsi menyiarkan informasi (to inform)

Menyiarkan informasi merupakan fungsi pers yang utama. Khalayak pembaca berlangganan atau membeli surat kabar karena memerlukan informasi mengenal berbagai peristiwa yang: terjadi, gagasan atau pikire,a orang lain, apa yang dikatakan orang, dan sebagainya.

  1. Fungsi mendidik (to educato).

Sebagai sarana pendidikan massa, surat kabar dan majalah memuat tulisan-tulisan yang :

mengandung pengetahuan sehingga khalayak pembaca bertambah pengetahuannya. Fungsi: mendidik ini bisa secara implisit dalam bentuk artikel atau tajuk rencana, maupun berita.

  1. Fungsi menghibur (to entertaint).

Hal-hal yang bersifat hiburan sering dimuat oleh surat kabar dan majalah untuk mengimbangi berita-berita berat (hard news) dan artikel yang berbobot: Isi surat kabar dan majalah yang bersifat hiburan bisa berbentuk cerita pendek cerita bersambung, cerita bergambar, teka-teki silang, pojok, karikatur, tidak jarang juga berita yang mengandung minat insani (human interest), dan kadang-kadang tajuk rencana.

  1. Fungsi mempengaruhi (to influence).

Fungsi mempengaruhi menyebabkan pers memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Sudah tentu surat kabar yang: ditakuti ini lalah surat kabar yang independen,  yang bebas manystakan pendapat, bebas melakukan social control. Fungsi mempengaruhi dari surat kabar, secars implisit terdapat pada tajuk rencana, opini, dan berita.

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/