Faktor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Faktor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai proses perubahan perekonomian secara signifikan pada suatu Negara dalam waktu tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat juga diartikan sebagai proses kenaikan produksi yang dapat dilihat pada pendapatan nasional suatu Negara. Pertumbuhan ekonomi suatu Negara dapat dilihat dari jumlah balas jasa riil terhadap pemakaian faktor-faktor produksi pada tahun-tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi tak dapat dilepaskan dari pembangunan ekonomi dan juga sebaliknya. Kedua-duanya saling melengkapi yakni pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi itu sendiri berarti kenaikan pendapatan total dan perkapita suatu Negara yang dapat dihitung dari pertambahan penduduk serta pemerataan pendapatan penduduk pada suatu Negara.

Pengertian pertumbuhan ekonomi harus dibedakan dengan pembangunan ekonomi.Dalam makalah pertumbuhan ekonomi ini,penulis ingin menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi hanyalah merupakan salah satu aspek saja dari pembangunan ekonomi yang lebih menekankan pada peningkatan output agregat khususnya output agregat per kapita.Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan apabila jumlah balas jasa riil terhadap penggunaan faktor-faktor produksi pada tahun tertentu lebih besar daripada tahun sebelumnya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi yaitu:

  1. Faktor Sumber Daya Manusia, Sama halnya dengan proses pembangunan, pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi oleh SDM. Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting dalam proses pembangunan, cepat lambatnya proses pembangunan tergantung kepada sejauhmana sumber daya manusianya selaku subjek pembangunan memiliki kompetensi yang memadai untuk melaksanakan proses pembangunan.

sumber :

https://hon.co.id/asterix-and-friends-apk/