Empat Fungsi Pokok Rumah

Empat Fungsi Pokok Rumah

Rumah adalah bangunan terdekat dari kita. Sebagian besar bangunan terutama di Indonesia adalah rumah tinggal. Tentu saja, Anda dan saya bahkan masih tinggal di rumah itu. Lantas, apakah rumah yang kita tinggali benar-benar layak disebut tempat tinggal?

Secara umum, ada kriteria dimana sebuah bangunan dapat disebut sebagai tempat tinggal. Dikutip dari American Public Health Association. Prinsip dasar hidup sehat. New York, 1960. Kutipan dari Heinz: 2006 bahwa rumah dianggap layak dan sehat jika memenuhi empat fungsi pokok, yaitu:

Rumah harus memenuhi kebutuhan dasar orang tersebut.
Rumah dapat digunakan sebagai tempat yang melindungi tubuh manusia saat melakukan aktivitas dari berbagai rintangan atau ancaman, terutama dari luar. Kebutuhan dasar manusia yang perlu dipenuhi antara lain:

Terlindung dari cuaca, iklim dan kondisi alam yang mengancam dan tidak sesuai dengan kondisi manusia. Cuaca dan iklim di setiap daerah berbeda-beda, sehingga perlindungan dalam bentuk rumah berbeda-beda. Orang harus bisa merasa nyaman di rumah saat kondisi eksternal tidak menguntungkan.
Dilakukan saat menggelar acara di rumah. Kegiatan di dalam rumah dapat dilakukan dengan tenang dan nyaman jika rumah yang teduh merupakan bangunan tempat tinggal. Kegiatan utama manusia yang perlu dilakukan adalah makan, mandi dan tidur. Sedangkan kegiatan lain yang juga perlu dilakukan adalah menyapu, membaca, mengobrol dan lain-lain.
Selesai saat istirahat. Orang membutuhkan tempat yang nyaman ketika mereka ingin memulihkan kondisi fisiknya, baik dalam keadaan lelah maupun sakit. Rumah yang sehat dan layak huni dapat memberikan ketenangan pikiran sehingga orang dapat pulih dari kepenatan dan penyakit.

Rumah harus memenuhi kebutuhan spiritual penghuninya. Rumah yang layak adalah rumah yang membuat penghuninya betah. Rumah hendaknya memberikan rasa aman dan nyaman agar Anda bisa lebih bahagia dengan keluarga serta menciptakan kepribadian dan karakter yang sehat dan bersemangat.
Rumah harus melindungi orang dari penularan penyakit. Rumah sebagai pelindung jika terjadi wabah. Rumah dapat menyelamatkan segala gangguan kesehatan bagi penghuninya. Ini bisa dicapai jika rumah itu sendiri bersih, sehat, dan steril.
Rumah tersebut dapat melindungi penghuninya dari gangguan luar. Pelanggaran yang dimaksud adalah pelanggaran terhadap aktivitas manusia lainnya seperti kerusuhan, perampokan atau tindakan lain yang mengancam kehidupan warga.