Disdik Siap Ikuti Perubahan Pedoman Sistem PPDB

Disdik Siap Ikuti Perubahan Pedoman Sistem PPDB

Disdik Siap Ikuti Perubahan Pedoman Sistem PPDB

Disdik Siap Ikuti Perubahan Pedoman Sistem PPDB
Disdik Siap Ikuti Perubahan Pedoman Sistem PPDB

Dinas Pendi­dikan (Disdik) Kota Bogor siap melaksanakan perubahan pedoman sistem Penerimaan

Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019 dari pedoman PPDB sebelumnya. Apalagi nantinya nilai Ujian Nasio­nal (UN) atau lainnya tak lagi men­jadi pertimbangan utama dalam PPDB. Begitu juga dengan sistem mutasi, tak menutup kemungkinan akan berdasarkan zonasi.

”Benar, kami sudah mendengar hal itu. Tapi, pedoman skema PPDB mendatang sedang dirancang Ke­menterian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud). Rencananya dilaks­anakan tahun depan,” ujar Fahrudin.

Terkait sosialisasi, sambung dia, disdik sedang menunggu pedoman kemendikbud tersebut

. ”Kita tung­gu kebijakan Kemendikbud, Mu­hadjir Effendy. Kalau sistem PPDB berubah akan kita sosialisasikan,” terangnya.

Sekadar diketahui, Kemendikbud tengah merancang pedoman skema PPDB yang akan diterapkan pada 2019. Pedoman tersebut mengatur sistem PPDB hingga sistem mutasi berdasarkan zonasi.

Menurut Muhadjir Effendy, dalam pedoman tersebut akan banyak pe­rubahan dari pedoman PPDB sebe­lumnya. Sebab, melalui pedoman itu pihaknya mengatur sistem PPDB, mutasi, tour of duty, tour of area kemudian bantuan sarana dan pra­sarana sekolah. “Itu semua nanti akan diatur melalui zonasi,” katanya.

Dalam pedoman PPDB baru, sam­bung dia, juga akan diatur bagai­mana sekolah konsisten

menerapkan sistem penerimaan siswa baru dengan berdasar pada radius dari rumah ke sekolah. Sehingga nantinya nilai Ujian Nasional atau lainnya tak lagi menjadi pertimbangan utama dalam PPDB.

Bahkan, Mendikbud Muhadjir Ef­fendy akan mengubah skema proses PPDB pada 2019. Di mana nantinya proses PPDB seperti tahun sebe­lumnya akan dihapus dan diganti menjadi perekrutan siswa berdasar­kan zonasi.

 

Sumber :

https://voi.co.id/