Diagnosa Adalah

Diagnosa Adalah

Diagnosa Adalah
Diagnosa Adalah

Mendiagnosa hipotiroidisme pada anjing

Ada beberapa tes yang berbeda digunakan untuk mendiagnosa hipotiroidisme pada anjing. Tes yang dipilih akan tergantung pada gejala yang timbul.

 

Tes T4 dasar:

Tes paling umum digunakan adalah tes T4 dasar. Contoh darah diambil dan diuji oleh radioimmunoassay untuk menentukan tingkat hormon tiroid T4 dalam aliran darah. Hormon T4 hanya diproduksi di kelenjar tiroid dan anjing dengan kegagalan kelenjar tiroid akan memiliki penurunan tingkat hormon ini. Namun, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan penurunan T4 jadi jika tes skrining hipotiroidisme menunjukan hasil positif maka tes lain perlu dilakukan untuk memastikan diagnose.

 

T3 dasar:

tes skrining lain yang dapat dijalankan adalah uji T3 dasar. T3 merupakan bentuk lain dari hormon tiroid yang ditemukan dalam aliran darah. Tes ini dapat digunakan sebagai tes skrining, menggantikan T4. Uji T3 tidak akurat dalam kasus-kasus awal hipotiroidisme dan kadang-kadang akan normal ketika tingkat T4 berkurang. Untuk alasan ini, tes ini tidak sering digunakan; jikapun digunakan, umumnya dikombinasi dengan tingkat TSH atau uji stimulasi TSH.

 

TSH Level: ini merupakan tes darah untuk mengukur jumlah TSH dalam aliran darah. Pada anjing hipotiroid, tingkatnya akan tinggi karena tubuh sedang mencoba untuk merangsang kelenjar tiroid untuk memproduksi lebih banyak hormon tiroid. Jika T4 dasar dan T3 dasar menunjukan hasil yang rendah dan TSH yang menujukkan hasil yang tinggi, maka hasil diagnose adalah positif hypothyroid.

 

Tes stimulasi TSH:

Jika anjing memiliki T3 atau T4 rendah, tes ini dapat dilakukan untuk mengkonfirmasikan diagnosis hipotiroidisme. Sejumlah kecil Tiroid Stimulating Hormone (TSH) disuntikkan ke dalam vena. Setelah 6 jam, sampel darah diambil dan tingkat T4 diperiksa. Seekor anjing tanpa penyakit tiroid yang mungkin memiliki kondisi lain menyebabkan T4 rendah akan memiliki tingkat T4 tinggi setelah injeksi TSH. Seekor anjing dengan hypothyroidism tidak akan memiliki peningkatan T4 setelah injeksi.

CBC : merupakan salah satu tes yang paling umum dilakukan pada hewan peliharaan manusia. CBC memberi informasi mengenai status hidrasi, anemia, infeksi, kemampuan pembekuan darah, dan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk merespon penyakit. Tes ini sangat penting untuk hewan peliharaan dengan gejala demam, muntah, diare, kelemahan, gusi pucat, atau kehilangan nafsu makan. Seperti namanya, CBC digunakan untuk menentukan jumlah sel darah spesifik berbagai hewan peliharaan. Umumnya komponen CBC meliputi:

 

  • RBC (sel darah merah)
  • HCT ( Hematokrit )
  • HBG (Hb) & MCHC
  • WBC (sel darah putih)
  • PLT (Platelet)
  • Reticulosit

 

Pengobatan

Hypothyroidism pada anjing mudah diobati. Pengobatan terdiri dari memberikan anjing dosis harian hormon tiroid sintetis yang disebut tiroksin (levothyroxine). Ada berbagai merek obat ini. Dosis dan frekuensi pemberian obat ini bervariasi tergantung pada beratnya penyakit dan respon individu hewan untuk obat. Seekor anjing biasanya diberikan dosis standar sesuai berat badannya dan kemudian sampel darah diambil secara berkala untuk memeriksa respon dan kemudian dosisnya disesuaikan. Sekali terapi dimulai, anjing harus menjalani perawatan selama sisa hidupnya. Biasanya setelah pengobatan dimulai, sebagian besar gejala dapat diatasi.

Sumber : https://nashatakram.net/jenis-kata/