Di China, robot antar makanan ke rumah

Di China, robot antar makanan ke rumah

Di China, robot antar makanan ke rumah

Di daerah Kafka, pinggir kota Beijing, robot kuning-hitam seukuran mesin cuci mini

berjalan-jalan mengantarkan pesanan.

Robot kuning ini berjalan secara otonom, mengantarkan kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman dan buah-buahan dari toko ke rumah warga. Robot ini digadang-gadang pembuatnya, Zhen Robotics, sebagai masa depan sektor logistik di China, yang dikatakan pada akhirnya akan mengantarkan sampai satu miliar paket setiap hari.

Dilengkapi dengan sistem GPS, kamera dan radar, robot kuning beroda enam ini

berjalan kurang dari tiga kilometer per jam, setara dengan manusia berjalan santai, namun seorang pelanggan, sambil mengambil paket kacang dari perut robot, mengatakan bahwa masih ada ruang untuk memperbaiki robot itu.

“Titik lemahnya ini tidak bisa mengantarkan langsung ke pintu seperti manusia,” kata perempuan pelanggan itu, yang tidak tinggal di lantai dasar.

“Tapi tetap masih cukup praktis. Robot ini mengantarkan relatif cepat,” katanya.

Robot itu mendapat keuntungan dari kesukaan konsumen China pada pembayaran non-tunai dan belanja daring via ponsel.

China adalah pasar belanja daring terbesar di dunia dengan lebih

dari separuh penduduknya melakukan sedikitnya satu pembelian satu telepon pintar per bulan menurut firma firma PricewaterhouseCoopers.

Masyarakat di sana pun terbiasa dengan pembayaran non-tunai dan melakukan pembelian daring melalui ponsel, mulai dari tisu toilet sampai pakaian atau alpukat. Dan mereka bisa melakukan beberapa kali pembelian dalam sehari.

 

sumber :

Seva.Id MarketPlace Jual Mobil Bekas dan Baru