Dampak Positif dan Negatif Globalisasi bagi Indonesia

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi bagi Indonesia

Arus globalisasi tidak mungkin dihentikan. Dampak pada kehidupan manusia juga tidak dapat dielakkan.  Bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia, globalisasi memiliki dampak positif dan negatif.

  1. Dampak Positif Globalisasi bagi Indonesia

Dampak positif dengan adanya globalisasi bagi bangsa Indonesia antara lain:

  1. Semangat kompetitif

Dampak globalisasi adalah memacu persaingan (kompetitif). Untuk mengikuti arus globalisasi suatu negara dituntut mampu bersaing di dunia internasional agar tetap eksis sebagai suatu negara yang terintegrasi karena kunci uata dari globalisasi adalah liberalisasi.

  1. Kemudahan dan Kenyamanan Hidup

Globalisasi yang seiring dengan kemajuan bidang informasi, komunikasi dan transportasi telah memberi kemudahan dan kenyamanan hidup masyarakat. Dengan kemajuan komunikasi memudahkan mengadakan hubungan, tidak saja antar kota, juga antar negara antar benuda. Kemajuan informasi memberi kemudahan  masyarakat memperoleh informasi apapun yang dibutuhkan.

  1. Sikap toleransi dan solidaritas kemanusiaan

Sikap toleransi dan solidaritas kemnusiaan akan meningkat tidak saja intern bangsa, namun sudah bersifat universal. Informasi mengenai keprihatinan dan penderitaan sejumlah manusia di suatu negara, memotivasi pemerintah di negara lain untuk ikut membantu meringankan penderitaan yang dirasakan sesamanya.

  1. Kesadaran dalam kebersamaan

Sikap perilaku toleransi serta solidaritas antar bangsa selanjutnya berkembang menjadi kesadaran dalam kebersamaan untuk mengatasi berbagai masalah, dimana ancaman dan bencana bagi keselmatan dunia sebagai satu-satunya planet tempat tinggal bagi umat manusia merupakan ancaman bersama.

sumber :

https://thesrirachacookbook.com/seva-mobil-bekas/