Cara Terbaik Membuka Blokir Tanpa Proxy

 Cara Terbaik Membuka Blokir Tanpa Proxy

Bagaimana cara terbaik membuka blokir internet positif tanpa proxy, tidak mengurangi kecepatan internet, dan berlaku untuk semua aplikasi sekaligus?

Kebanyakan cara membuka internet positif memakai teknik proxy yang cenderung lambat pun tak aman. Malesnya lagi, cara itu hanya efektif per aplikasi, tak bisa global per perangkat!

Terkadang kita bisa membuka situs terblokir dengan browser Firefox atau Chrome tetapi tak bisa download sesuatu dari situs itu. Sedihnya lagi, segala aktivitas browsing kita bakal dimata-matai pemilik proxy!

Lantas bagaimana trik termanjur menembus proteksi Menkominfo tanpa proxy?

Cara terbaik membuka blokir internet positif tanpa proxy adalah dengan mengenkripsi DNS!

Apa itu enkripsi DNS serta mengapa jurus ini menjadi cara terbaik tidak dijelaskan di sini. Terlalu banyak hal teknis logis yang harus diuraikan dan bisa bikin orang awam bengong bin pusing!

Yang terpenting sekarang kita pelajari dulu cara membuka internet positif, betul?!

Cara Membuka Internet Positif dengan Enkripsi DNS

Patut diingat, cara ini hanya untuk komputer desktop dari versi Windows 7 hingga Windows 10. Jikalau ingin surfing bebas tanpa blokir lewat gadget semacam smartphone atau tablet, cukup share koneksi dari komputer saja.

Berikut panduan langkah demi langkah pengaturan komputer agar dapat menembus pemblokiran internet positif.

1. Download dan Install Simple DNS Crypt

Ini adalah aplikasi yang dikembangkan dari proyek DNS crypt. Sesuai nama, interface-nya lebih bersahabat daripada pendahulunya itu. Klik/tap link berikut untuk bergegas mengunduh Simple DNS Crypt

Jalankan instalasi dan tunggu beberapa saat. Agar dapat bekerja, aplikasi ini butuh .NET Framework 4.5 dan Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015 x86.

Jika di perangkat kedua file itu belum ada, installer otomatis mendownloadnya dari server microsoft. Pastikan saja koneksi internet kita aktif.

2. Memilih Server DNS

Buka program Simple DNS Crypt lalu pilih Advance Settings (A). Klik pada download list (B) untuk me-refresh daftar server dns.

  • Kembali ke menu Standard Settings (C), di bagian Primary Resolver pilih salah satu server dari drop down list (D). Pastikan service aktif dengan mengklik toggle button (E). Statusnya akan berwarna hijau jika aktif.
  • Opsi pengaturan lainnya tak perlu diubah-ubah, biarkan saja.
  • Ingat! Sampai tahap ini enkripsi belum bekerja. Kita harus menentukan koneksi mana yang akan menggunakan enkripsi DNS tersebut.

3. Mengaktifkan Enkripsi

Lihat bagian Network Card, semua koneksi yang tidak online akan berwarna merah, jadi pilih card berlatar kelabu. Pada gambar contoh kita menggunakan koneksi Wifi. Cukup klik (F) dan enkripsi DNS akan aktif.

Ketika aktif Network Card terpilih akan berwarna hijau dan terdapat tanda check di pojok kanan atas.

4. Menguji Apakah Blokir Berhasil Ditembus

Buka situs dnsleaktest.com, kemudian pilih Standard Test. Pabila hasil DNS Address-nya sama dengan yang tercantum pada aplikasi Simple DNS Crypt maka enkripsi DNS telah aktif.

Sekarang coba buka salah satu website yang terblokir —semisal reddit.com— untuk mengujinya.

Dijamin 99.999999% situs yang terblokir Menkominfo pasti akan terbuka dengan cara ini.

Sebenarnya cara membuka internet positif ini pasti 100% berhasil, terserah mau pakai koneksi Telkom Speedy, operator GSM maupun ISP lainnya. Sebagai insan kudet, kita tak mau terkesan jumawa saja.

Tips Pemakaian

Selalu aktif di background

Setelah enkripsi diaktifkan, kita dapat menutup aplikasi Simple DNS-nya. Akses kemanapun tetap bebas pemblokiran karena aplikasinya masih berjalan di background sebagai windows services.

Aktifkan saat butuh saja

Karena banyak situs “normal” yang bakal aneh tampilannya, tak nyaman di mata semasa enkripsi aktif (beberapa situs bahkan tak bisa dibuka sama sekali), maka sebaiknya hanya aktifkan enkripsi bila hendak mengakses situs terblokir.

Mengatasi masalah (troubleshooting)

Bagaimana jika ada masalah, misalnya network card tidak bisa aktif (langkah 4). Tenang, kita punya solusinya, tetapi agar tulisan ini tak kepanjangan, caranya akan dibahas dalam artikel terpisah.