Belajar yang efektif dan efisien

Belajar yang efektif dan efisien

Belajar yang efektif dan efisien

Belajar yang efektif dan efisien
Belajar yang efektif dan efisien

Cara Belajar Efektif dan Efisien

1. Penentuan Target

Tentukan target-target kita di semester ini, buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menujutarget tersebut.

2. Tingkatkan Konsentrasi

Usahakanlah selalu berkonsentrasi penuh ketika
mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yangkita dengar dengan konsentrasi akan mudah diingat lagi begitu kita menghafal ulang pelajaran tersebut.

3. Ulangi Apa Yang Kita Pelajari

Beberapa teman kita mungkin merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran dengankomputer. Logikanya dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulangpelajaran yang baru saja kita peroleh dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memoriotak untuk jangka waktu lebih lama. Lebih bagus lagi kalau kita mau membaca kembali ataumempelajari catatan tersebut setelah diketik.

4. Diskusikan Hasil Yang Kita Pelajari

Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengankata-kata sendiri. Supaya dapat terpatri lebih lama di memori otak, tulis kesimpulan tadi di catatan kecil.Dalam waktu senggang kita dapat membaca ulang catatan kita.

5. Gunakan Buku Catatan

Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiapmata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kitatidak perlu lagi membuka semua buku.

6. Ulangi Pelajaran Dengan Mengajarkan Pada Teman Lain

Mengulangi pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman laintentang materi yang baru saja diperoleh bisa membuat kita selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnyalagi kita jadi lebih paham akan materi tersebut.

Baca Juga: