Begini Mekanisme Baru Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019

Begini Mekanisme Baru Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019

Begini Mekanisme Baru Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019

Begini Mekanisme Baru Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019
Begini Mekanisme Baru Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019

Angin segar datang bagi siswa yang ingin masuk perguruan tinggi dengan beasiswa Bidikmisi.

Pasalnya hari ini Kemenristek Dikti mengabarkan tambahan kuota dan penggunaan beberapa inovasi yang mempermudah pengguna beasiswa ini.

Selain itu, Kemenristek Dikti melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan juga mengumumkan prosedur pendaftaran calon mahasiswa Bidikmisi untuk tahun 2019.

Pendaftaran calon mahasiswa Bidikmisi untuk tahun 2019 dilakukan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN), Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) serta Seleksi Mandiri pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

Mekanisme pendaftaran Bidikmisi melalui jalur seleksi SNMPTN dan SBMPTN pada tahun 2019

mengalami perubahan dibandingkan dengan tahun 2018 karena adanya transformasi dalam sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru, tahun ini pemerintah membentuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dalam proses ini calon penerima Bidikmisi wajib terdaftar pada sistem dengan memasukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang valid.

Syarat pendaftaran dan proses penerimaan Bidikmisi untuk tahun 2019 telah didesain lebih baik

dan sederhana, dengan memprioritaskan siswa dari keluarga tidak mampu yang telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Siswa penerima KIP dapat langsung mendaftar ke laman sistem Bidikmisi di alamat: https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/.

Bagi siswa yang tidak memilik KIP, dapat mendaftar melalui sekolah untuk direkomendasikan. Selanjutnya bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah
dinyatakan diterima melalui semua jalur seleksi di atas, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dan penetapan kelayakan oleh perguruan tinggi.

Mengenai pembiayaan, seleksi Bidikmisi 2019 sama seperti tahun sebelumnya penerima akan mendapatkan pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri, dan jika lulus seleksi masuk perguruan tinggi calon mahasiswa akan mendapatkan biaya pengganti kedatangan pertama ke perguruan tinggi.

 

Sumber :

https://www.ram.co.id/