Beberapa definisi qiyâs (analogi)

Beberapa definisi qiyâs (analogi)

  1. Menyimpulkan hukum dari yang asal menuju kepada cabangnya, berdasarkan titik

persamaan di antara keduanya.

  1. Membuktikan hukum definitif untuk yang definitif lainnya, melalui suatu

persamaan di antaranya.

  1. Tindakan menganalogikan hukum yang sudah ada penjelasan di dalam [Al-Qur’an] atau [Hadis] dengan kasus baru yang memiliki persamaan sebab (ilat ).karena adanya persamaan‘illat hukum (maksud dan tujuan hukum) dari peristiwa tersebut.

Contohnya hukum menempeleng orang tua, itu belum ada nash-nya. Nash yang sudah

ada adalah mengatakan “Ah” seperti yang tercantum pada Q.S Al-Isra/17:23.„

illat hukum atau yang disebut juga sebab dan tujuan seperti yang disebutkan tadi larangan mengatakan ahh dan membentak orang tua karena akan menyakiti hati orang tua.Qiyas pertama kali digunakan secara luas oleh Imam Hanafi. Tetapi berdasarkan luas danterbatasnya qiyas secara berturut – turut digunakan oleh Imam Syafi‟I, Imam Maliki dan

yang paling terbatas adalah Imam Hambali. Adapun Imam Ja‟fari menolak penggunaan metodologi ini karena menurut Ia masalah agama tidak dapat digeneralisasikan.

  1. Istihsan

Merupakan perluasan dari qiyas. Jadi istihsan adalah meninggalkan qiyas jalli (qiyas nyata) untuk menjalankan qiyas khafi (qiyas samar), atau meninggalkan hokum kulli(hokum umum) untuk menjalankan hokum istisna‟I (pengecualian) karena adanya dalil logika yang membenarkannya. Istihsan juga menetapkan suatu hokum dimana yangberlainan dengan hasil qiyas karena pertimbangan kepentingan dan kemaslahatan umat menghindarkan terjadinya kesulitan dan kezaliman.Contohnya penggunaan ihtihsan dalam jual beli.Islam hanya membenarkan transaksi jual beli jika barangnya sudah nyata adanya. Pada prakteknya yang disebut salam, ada diantaranya praktek jual beli dengan dibayar terlebih dahulu tetapi barangnya dikemudian hari, ini dilarang oleh Islam. Padahal tentu saja maksudnya agar tidak terjadi kecurangan.Tetapi seiring perkembangan zaman dan teknologi transaksi bisnis masa kinisemakin cepat berjalan. Pembayaran ini disebut praktek salam yang merupakan kekecualian dari yang umum terjadi.

sumber :
https://bengkelharga.com/seva-mobil-bekas/