Aspek Pemasaran

Aspek Pemasaran

  1. Proposisi Nilai Produk atau Jasa di Pasar

Kita perlu menentukan proposisi nilai (value proposition) produk atau jasa pesaing kita dipasar.

  1. Segmentasi

Kita perlu menentukan dengan jelas segmntasi di pasar, segmen seperti apa yang ada dan yang akan kita masuki. Andaikan kita memasuki pasar produk pakaian anak kecil, dalam ini ada beberapa segmen, salah satu contoh adalah kualitas pakaian yang menjadi target segmen kita. Ada segmen pakaian kelas mahal, kelas menengah dan kelas bawah. Dalam masing-masing kelas segmen bisa kita pecahkan lagi jenis pakaian yang kita mau masuki.

Misalnya ditetapkan bahwa kita ingin memasuki segmen pakaian anak yang harganya kelas menengah dan kualitas menengah, setelah itu perlu ditentukan pakaian apa yang akan kita masuki, apakah pakaian kaos, pakaian seragam dan lainnya

  1. Pasar Target

Target pasar yang menjadi sasaran harus jelas, kepada siapa produk kita mau dijual, seperti apa kegunaan untuk konsumennya. Pasar sasaran dikategorikan dalam 3 kelompok yakni.

1)      Pemasaran Serba Sama. Dalam hal ini kita melakukan pemasaran yang tidak membagi pasar dan hanya memfokuskan kepada kebutuhan konsumen.

2)      Pemasaran Serba Aneka. Dalam hal ini kits melakukan pemasaran dengan variasi produk sesuai dengan tipe konsumennya.

3)      Pemasaran Terpadu. Dalam hal ini kita melakukan pemasran dengan memfokuskan diri pada satu kelompok konsumen atau segmn tertentu saja.

  1. Posisi Pasar

Dalam sebuah pasar, kita bisa memposisikan produk kita dan perusahaan kita, mau mencapai posisi apa, apakah kita ingin menjadi market leader, atau follower ataupun juga hanya main di market niche.

sumber :
https://www.malinoputra.co.id/forsaken-souls-i-apk/