Apa itu CHAdeMO? Mari kita jelaskan

Apa itu CHAdeMO Mari kita jelaskan

Apa itu CHAdeMO? Mari kita jelaskan

 

 

Apa itu CHAdeMO Mari kita jelaskan
Apa itu CHAdeMO Mari kita jelaskan

Salah satu aspek yang lebih membingungkan dari memiliki kendaraan listrik (EV) adalah mengetahui cara mengisi daya. Sayangnya, ada beberapa standar berbeda yang digunakan dalam industri ini, konektor bervariasi dari kendaraan ke kendaraan. Akibatnya, tidak sesederhana hanya dengan mengetahui apakah Anda perlu mengisi dengan solar atau bensin.

Konferensi TNW Couch
Bergabunglah dengan para pemimpin industri untuk menentukan strategi baru untuk masa depan yang tidak pasti

DAFTAR SEKARANG
Namun, setelah Anda melewati terminologi baru, itu sebenarnya cukup mudah. Dalam bentuknya yang paling sederhana, ada dua hal yang perlu Anda ketahui tentang pengisian EV: konektor dan peringkat daya (diukur dalam kilowatt, Kw).

Jika Anda berasal dari kendaraan pembakaran internal, mungkin membantu untuk memikirkan opsi pengisian yang berbeda sebagai jenis bahan bakar yang berbeda. Beberapa di antaranya akan bekerja untuk kendaraan Anda, beberapa di antaranya tidak. Menggunakan sistem pengisian EV sering jauh lebih mudah daripada yang terdengar dan sebagian besar bermuara pada menemukan titik pengisian yang memiliki konektor yang kompatibel dengan kendaraan Anda dan memilih output daya kompatibel tertinggi untuk memastikan pengisian secepat mungkin. Salah satu konektor tersebut adalah CHAdeMO.

ev, pengisian, chademo, ccs, tipe 2, konektor, kabel, mobil, charigng
Kredit: Paul Sladen – Wikimedia CC
Konektor CHAdeMO dalam gambar kiri, di tengah adalah standar pengisian cepat lainnya yang dikenal sebagai CCS, dan di sebelah kanan adalah konektor standar “Tipe 2”.
WHO
CHAdeMO adalah salah satu pilihan standar pengisian cepat yang dibuat oleh konsorsium pembuat mobil dan badan industri yang sekarang mencakup lebih dari 400 anggota dan 50 perusahaan pengisian daya.

Namanya adalah singkatan dari Charge de Move, yang juga merupakan nama konsorsium. Tujuan konsorsium ini adalah untuk mengembangkan standar kendaraan pengisian cepat yang dapat diadopsi oleh seluruh industri otomotif. Ada standar pengisian cepat lainnya, seperti CCS (gambar di atas).

Apa
Seperti yang disebutkan, CHAdeMO adalah standar pengisian cepat, yang berarti dapat memasok baterai kendaraan di mana saja antara 6Kw hingga 150Kw, saat ini. Saat baterai kendaraan listrik berkembang dan dapat diisi daya lebih tinggi, kita dapat mengharapkan CHAdeMO untuk meningkatkan kapasitas daya puncaknya.

Dalam fa ct, awal tahun ini, CHAdeMO mengumumkan standar 3.0, yang mampu memberikan daya hingga 500Kw . Secara sederhana, ini berarti baterai berkapasitas sangat tinggi dapat diisi dalam waktu yang relatif singkat.

CCS, chademo, tipe 2, pengisian daya, mobil, ev, daun nissan,

Kredit: Wikimedia CC – Jzh2074
Port pengisian daya pada Nissan Leaf 2018. Konektor yang tepat adalah sistem Tipe 2 standar. Konektor kiri adalah port CHAdeMO. Tipe 2 digunakan untuk mengisi daya pada unit dinding berbasis rumah dan dapat dihubungkan langsung ke listrik utama jika tidak ada pilihan lain. Biayanya lebih lambat dari CHAdeMO tetapi sedikit lebih kompatibel jika tidak ada pengisi daya DC di sekitarnya.
Mengingat bahwa n> CHAdeMO didirikan oleh sekelompok organisasi industri yang didominasi orang Jepang, konektornya cukup umum pada kendaraan Jepang seperti Nissan Leaf dan e-NV200, hibrida plug-in Mitsubishi Outlander, dan plug-inan hybrid Toyota Prius> . Tapi itu juga ditemukan di EV populer lainnya seperti Jiwa Kia.

Mengisi Nissan Leaf 40KwH pada unit CHAdeMO pada 50Kw dapat mengisi daya kendaraan dalam waktu kurang dari satu jam. Pada kenyataannya, Anda tidak perlu menagih EV seperti ini, tetapi jika Anda mampir ke toko atau di stasiun servis jalan raya selama setengah jam, sudah cukup waktu untuk menambah jumlah jangkauan yang signifikan.

Bagaimana
Pengisian CHAdeMO menggunakan konektor khusus sendiri, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Peta pengisian EV seperti Zap-Map , PlugShare , atau OpenChargeMap , menampilkan konektor apa yang tersedia di lokasi pengisian daya, jadi pastikan Anda menemukan ikon CHAdeMO saat merencanakan perjalanan Anda.

Setelah Anda tiba di dan mengaktifkan titik pengisian, ambil konektor CHAdeMO (akan diberi label) dan letakkan dengan lembut ke port yang sesuai pada kendaraan Anda. Tarik tuas pada steker untuk menguncinya, dan kemudian minta pengisi daya untuk memulai. Lihatlah video informatif ini dari Ecotricity, produsen titik pengisian daya untuk melihatnya sendiri.

Salah satu perbedaan utama dengan CHAdeMO dibandingkan dengan titik pengisian lainnya, adalah bahwa titik pengisian menyediakan kabel dan konektor. Jadi, jika kendaraan Anda memiliki saluran masuk yang kompatibel, Anda tidak perlu menyediakan kabel sendiri. Kendaraan Tesla juga dapat menggunakan outlet CHAdeMO saat menggunakan adaptor $ 450 .

chademo, ev, pengisian, desain, gambar

Kredit: Wikimedia CC
Skema untuk colokan pengisian daya CHAdeMO. Angka 6 dan 5 mewakili saluran listrik, 1 adalah bumi, dan sisanya adalah jalur komunikasi efektif yang digunakan titik pengisian untuk berbicara dengan mobil untuk memastikan pengisian yang aman dan cepat.
Pengisi daya CHAdeMO juga mengunci kendaraan yang sedang diisi daya, sehingga tidak dapat dilepas oleh orang lain. Konektor secara otomatis membuka kunci ketika pengisian selesai. Ini umumnya diterima sebagai etiket yang baik bagi orang lain untuk melepaskan pengisi daya dan menggunakannya pada kendaraan mereka sendiri, tetapi hanya ketika pengisian selesai!

Dimana

Seluruh tempat. Pengisi daya CHAdeMO berada di seluruh dunia, menggunakan situs seperti PlugShare dapat membantu Anda menemukan di mana mereka berada. Saat menggunakan alat seperti PlugShare, Anda dapat memfilter peta berdasarkan jenis konektor, jadi pilih CHAdeMO dan Anda akan ditampilkan di mana mereka berada dan tidak ada risiko bingung oleh semua jenis konektor lainnya!

Menurut CHAdeMO, ada lebih dari 30.000 CHAdeMO dilengkapi titik pengisian daya di seluruh dunia (Mei 2020). Lebih dari 14.000 di antaranya ada di Eropa dan 4.400 di Amerika Utara.

Baca Juga: