ANJURAN PUASA ENAM HARI DI BULAN SYAWAL

ANJURAN PUASA ENAM HARI DI BULAN SYAWAL

ANJURAN PUASA ENAM HARI DI BULAN SYAWAL

ANJURAN PUASA ENAM HARI DI BULAN SYAWAL
ANJURAN PUASA ENAM HARI DI BULAN SYAWAL

Bismillahirrahmanirrahim

حدثنا يحيى بن أيوب وقتيبة بن سعيد وعلي بن حجر جميعا عن إسمعيلقال ابن أيوب حدثنا إسمعيل بن جعفر أخبرني سعد بن سعيد بن قيس عن عمر بن ثابت بن الحارث الخزرجي عن أبي أيوب الأنصاري رضي الله عنه أنه حدثه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر

Artinya : Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub dan Qutaibah bin Sa’id dan Ali bin Hujr semuanya dari Isma’il dan Ibnu Ayyub berkata : Telah menceritakan kepada kami Isma’il bin Ja’far telah mengabarkan kepadaku Sa’d bin Sa’id bin Qais dari Umar bin Tsabit bin Harits Al Khazraji dari Abu Ayyub Al-Anshari radliallahu ‘anhu, bahwa ia telah menceritakan kepadanya bahwa Rasulullah saw bersabda : Siapa yang berpuasa Ramadlan kemudian diiringinya dengan puasa enam hari di bulan Syawwal, maka yang demikian itu seolah-olah berpuasa satu tahun. (HR. Muslim No. 1164)

حدثنا النفيلي حدثنا عبد العزيز بن محمد عن صفوان بن سليم وسعد بن سعيد عن عمر بن ثابت الأنصاري عن أبي أيوب صاحب النبي صلى الله عليه وسلمعن النبي صلى الله عليه وسلم قال من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال فكأنما صام الدهر

Artinya : Telah menceritakan kepada kami An-Nufaili, Telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Muhammad, dari Shafwan bin Sulaim serta Sa’d bin Sa’id, dari Umar bin Tsabit Al-Anshari, dari Abu Ayyub sahabat nabi saw, dari Nabi saw, beliau berkata : Barangsiapa yang melakukan puasa pada Bulan Ramadhan kemudian ia ikutkan dengan puasa enam hari pada Bulan Syawal, maka seolah-olah ia berpuasa satu tahun. (HR. Abu Daud No. 2433)

Hukum Puasa enam hari di bulan syawal

Puasa enam hari di bulan syawal adalah hukumnya sunnah, dimana yang mengerjakan akan mendapatkan pahala dan yang meninggalkan tidak berdosa.

Yang paling utama melakukan puasa syawal secara berturut-turut yakni sehari setelah Shalat Idul Fitri. Tapi jika tidak berurutan atau diakhirkan hingga akhir Syawal maka seseorang tetap mendapatkan keutamaan puasa syawal setelah sebelumnya melakukan puasa Ramadhan.

Berpuasa seperti setahun penuh asalnya karena setiap kebaikan semisal dengan sepuluh kebaikan yang semisal : Bulan Ramadhan puasa sebulan penuh sama dengan berpuasa selama sepuluh bulan dan puasa enam hari di bulan Syawal sama dengan berpuasa selama dua bulan.

Hukum qadha’ Ramadhan

Sedangkan qadha’ Ramadhan itu hukumnya wajib, tetapi qadha’ Ramadhan itu boleh menundanya, karena waktunya qadha’ ramadhan itu panjang, sejak masuk bulan syawal sampai berakhirnya bulan sya’ban di tahun selanjutnya. Maksudnya kewajiban qadha’ Ramadhan itu bukan kewajiban yg sifatnya ‘Ala Al-Faur (bersegera).

Semestinya mendahulukan qodlo’ puasa yang wajib dari pada melaksanakan puasa yang sunnah, tapi yang terbaik adalah qodlo’ puasa Ramadhan dibarengkan dengan puasa enam syawal.

Dan disunnahkan puasa sunnah enam hari bulan Syawal meskipun berhutang puasa Ramadhan karena udzur. Tapi apabila ia berbuka di bulan Ramadhan tanpa udzur maka diharamkan baginya untuk puasa syawwal karena akan mengakibatkan terlambatnya ia mengqodho hutang puasa Ramadhannya yang harus segera dikerjakan. Dan apabila ternyata setelah itu habis bulan Syawal maka ia telah terluput dari puasa syawal dan tidak bisa diqhodo puasa syawwalnya (misalnya dikerjakan pada bulan dzulqo’dah).

Baca Juga: