Adat Istiadat

Table of Contents

Adat Istiadat

Adat istiadat Inggris (Barat)  sangat berpengaruh terhadap masyarakat Indonesia. Ciri-ciri adat Inggris  yang mempengaruhi kehidupan bangsa Indonesia:

  1. Tata cara bergaul antar anggota masyarakat Indonesia adalah feodalisme, tapi budaya Inggris justru bersifat bebas dan demokratis. Pergaulan wanita dan pria, orang tua dan muda, terbuka dan bertanggungjawab.
  2. Model berpakaian masyarakat Indonesia hanyalah kain yang dililitkan di tubuh. Masyarakat belum mengenal pakaian pantas. Jika model berpakaian ala Inggris, adakalanya berpakaian tebal dan kadang tipis. Pakaian Inggris lelaki berupa setelan jas yang berdasi dan bersepatu, sedangkan untuk perempuan pakaian rok dan blus serta bersepatu.
  3. Gaya perkawinan bangsa Inggris terkesan glamor, sementara masyarakat Indonesia sederhana dan masih ada perjodohan.
  4. Negeri penjajah berbentuk kerajaan dan mendukung pemberian gelar kebangsawanan.
  5. Budaya Inggris yang ditularkan ialah rasionalisme, yaitu kebenaran sesungguhnya dan berasal dari akal manusia. Dengan begitu, masyarakat Indonesia menjauhi kepercayaan takhayul.
  6. Budaya Inggris ialah sangat disiplin dan menghargai waktu, sehingga masyarakat Indonesia bisa bekerja lebih baik.
  7. Bangsa Indonesia, umumnya memiliki sifat saling kerjasama, namun budaya Inggris menularkan sifat Individualisme, yaitu mementingkan pribadi sendiri.


  1. Pendidikan

Sebelumnya, masyarakat Indonesia belum mengenal  pendidikan berijazah. Namun, Bangsa Inggris mendirikan sekolah-sekolah dan menerapkan pendidikan dualisme. Dengan begitu, banyak kaum terpelajar dari Indonesia dan memelopori pergerakan nasional. Adanya pembagian jenjang pendidikan (Dasar, Menengah, dan Pendidikan Tinggi).

  1. Kesenian

Peninggalan kesenian dari bangsa Inggris meliputi seni bangunan, musik, sastra, tari dan rupa. Indonesia belum mengenal music keroncong, namun setelah kedatangan Portugis, masyarakat Indonesia sering memainkan musik keroncong. Seni Sastra mulai berdiri Komisi Bacaan Rakyat. Seni tari cara Inggris yaitu tari berpasangan pria-wanita. Seni Rupa berupa patung di gereja-gereja.

sumber :
https://klubradio.co.id/seva-mobil-bekas/