8 amalan agar dapat menemani Rasulullah di Surga

8 amalan agar dapat menemani Rasulullah di Surga

8 amalan agar dapat menemani Rasulullah di Surga

8 amalan agar dapat menemani Rasulullah di Surga
8 amalan agar dapat menemani Rasulullah di Surga

Setiap umat manusia pastilah menginginkan masuk surga. Terlebih lagi jika bisa bertemu dengan Rasulullah, itu adalah mimpi setiap umatnya. Namun, untuk mendapatkan hal tersebut tidaklah mudah. Dibutuhkan amalan-amalan baik ketika masih di dunia. Inilah 8 amalan agar dapat menemani Rasulullah di surga.

Anda Ingin Bersama Rasulullah di Surga? Lakukan Amalan Ringan Ini Dengan Ikhlas..

Berikut adalah delapan amalan untuk bisa menemani Rasulullah di surga:

1. Ittiba’ kepada sunnah beliau dan menaati Allah dan Rasul-Nya.

Ketika kita mau menaati dan melakukan sunnah Rasul maka kita akan bersama-sama masuk surga dengan orang-orang yang diberi anugrah oleh Allah, seperti para nabi, orang yang mati syahid, orang shalih, dan para shiiddiqiin.

2. Mencintai Rasul.

Agar dapat mausk surga bersama Rasul hendaknya kita mencintai Rasulullah terlebih dahulu. Tidak ada yang tahu kapan waktu kiamat tiba, kecuali Allah. Namun, kita akan masuk surga bersama orang yang kita cintai. Cinta disini bukan berarti hanya cinta semata. Kita juga harus berusaha melakukan apa yang dilakukan oleh Rasul.

3. Memperbanyak shalat.

Shalat merupakan amalan utama dalam islam. Shalat adalah tiang agama jadi apabila shalat kita sudah baik dan benar maka perbuatan kita akan mengikutinya. Rasulullah menganjurkan kepada kita untuk memperbanyak sujud atau shalat, memohon kepada Allah agar kita dapat menemani Rasulullah di surga kelak.

4. Berbuat amalan shaleh.

Untuk dapat masuk ke surga, maka kita harus melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Selain itu, kita juga harus menambahkan amalan baik lainnya seperti yang di ajarkan oleh Rasulullah. Dengan amalan shaleh tersebut maka akan membuat kita mempunyai akhaqul karimah. Akhlaqul karimah adalah cara untuk bersama Rasulullah di surga.

5. Memperbanyak sholawat kepada Rasulullah.

Jika kita mengaku umat dari Rasulullah hendaknya kita meningkatkan kecintaan terhadap Rasul melalui sholawat. Memperbanyak shalawat Nabi dapat membawa kita masuk surga menemani Rasul. Oleh karena itu, lafalkan sholawat kapan pun kecuali di tempat-tempat terlarang, seperti kamar mandi. Namun, kita masih bisa melafalkannya melalui hati tanpa berucap.

Baca Juga: Kalimat Syahadat

6. Memelihara, menyantuni, dan membantu anak yatim.

Keberadaan anak yatim di sekitar kita merupakan ladang pahala yang amat besar. karena di Al-Qur’an pun juga telah dijelaskan bahwa kita harus memelihara, menyantuni, dan membantu anak yatim. Sebagian harta kita pun merupakan hak dari anak yatim. Oleh karena itu, sayangilah mereka dan bantulah sebisa kemampuan kita untuk kehidupannya.

7. Mendidik anak-anak wanita agar menjadi mukminah yang shalihah.

Pada kodratnya, wanita merupakan mukminah dari para pria, khusunya bagi suaminya kelak. Seorang istri haruslah tata dan menghormati suaminya. Keteladanan ini harus dilatih sejak ia masih anak-anak. Oleh karena itu, orang-orang yang mendidik anak-anak wanita untuk menjadi anak yang sholehah dan kelak menjadi istri yang taat, adalah cara agar bisa mendampingi Rasulullah di surga.

8. Memperbanyak doa.

Doa merupakan jalan untuk kita meminta kepada Allah. Semua orang berhak doa kepada Allah untuk meminta segalanya. Apabila kita menginginkan untuk masuk surga bersama Rasul maka berdoalah dengan sungguh-sungguh. Terlebih jika kita berdoa di waktu-waktu mustajab. Namun, jika doa tidak diimbangi dengan perilaku baik, maka doa tersebut akan menjadi persuma. Kita juga harus mengimbangi doa tersebut dengan usaha-usaha kita untuk masuk surga.